Telinga Sakit Saat Terbang

Advertisement
Telinga sakit saat terbang barangkali hal ini pernah atau sering Anda alami saat terbang dengan menggunakan pesawat terbang.  Bahkan anak-anak serta bayi bisa lebih rawan merasakannya yang biasanya ditandai dengan sering menangis. Mereka tidak mengetahui cara untuk mengatasi sakit telinga ketika naik pesawat.

Lalu, apa sajakah usaha yang dapat dikerjakan untuk menangani telinga sakit saat terbang di pesawat ?

Secara umum dapat dijelaskan penyebab telinga sakit saat terbang dikarenakan oleh pergantian tekanan udara yang berlangsung saat pesawat take off atau mendarat dari ketinggian tertentu, peristiwa tersebut bisa menyebabkan perbedaan tekanan pada kedua gendang telinga.

Kita tahu, di dalam telinga terdapat area kecil yang diisi oleh udara. melewati saluran kecil yang bernama tabung eustachian area kecil ini dikaitkan ke belakang sisi hidung. Area udara didalam kedua telinga tersebut seharusya mempunyai tekanan yang sama supaya tercipta situasi ideal untuk mendengar.

Saat tekanan keduanya tidak seimbang atau terganggu dapat berlangsung masalah pada telinga. Ketika berada di tempat tinggi saluran tabung eustachius tidak dapat buka secara sempurna sehingga hal ini dapat  menyebabkan tidak seimbang. Nah, saat ada didalam pesawat, situasi itu dapat berlangsung dan dapat menyebabkan sakit telinga.

Ada banyak hal yang dapat dikerjakan untuk menangani telinga sakit saat terbang. Cara yang paling mudah yaitu dengan menelan ludah, mengulum permen atau mengunyah permen karet.

Sayangnya tidak semua orang terselasaikan masalah telingan sakit saat terbang dengan cara mudah di atas. Sebagian orang mungkin diperlukan usaha atau cara lainnya, misalnya  dengan cara menyumpal telinga dengan kapas. Tindakan menyumpal tersebut bisa dimaksudkan untuk memperlambat proses telinga sakit dan telinga tidak shock dengan pergantian tekanan udara yang berlangsung.

Cara lainnya untuk menangani telinga sakit saat terbang di pesawat yaitu menggunakan tisu serta air panas. Air panas dapat Anda minta pada pramugari. Cara menggunakannya sangat mudah, basahi tisu dengan air panas, dekatkan tisu basah tersebut ke rongga telinga serta barkan uap hangatnya membuat sirkulasi tekanan udara didalam telinga jadi lancar.

Itulah beberapa cara tentang mengatasi sakit telinga ketika naik pesawat. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang suka bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Demikian tips mengatasi telinga sakit saat terbang.

Telinga Sakit Saat Terbang | Najla Alliya | 5