3 Cara mudah memilih madu

Madu memiliki manfaat bagi kesehatan yang sudah tidak perlu dibantah lagi. Namun madu yang bagaimana yang harus Anda pilih? Dan bagaimana cara memilih madu berkualitas? Berikut penuturannya.

Memilih madu memanglah gampang-gampang sulit. Masih banyak trick yang beredar, bahkan beberapa pemalsu produk madu juga tidak ingin kalah kiat dalam memalsukan madu.

Cara memilih madu yang benar, baik, dan berkualitas berikut ini mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Walaupun tidak mutlak, tapi sekurang-kurangnya cara ini dapat jadi pertimbangan anda dalam memilih madu.

1. Kandungan air
Madu yang baik memiliki kandungan air yang sedikit. Makin rendah kandungan airnya makin baik kualitasnya. Cara melakukan pengecekannya cukup mudah yaitu dengan menuangkan madu dari botolnya. Dan amati, madu yang mengeluarkan gelembung lebih cepat artinya mempunyai kandungan air yang lebih tinggi.

2. Warna
Madu yang memiliki warna gelap umumnya kandungan mineral serta derajat keasamannya lebih tinggi. Aroma madu berwarna gelap juga cenderung lebih kuat di banding madu berwarna terang.

Beberapa kandungan yang dapat membuat madu berwarna gelap diantaranya mangan, besi, sulfur, klorn, potasium, magnesium, serta sodium. Tetapi warna madu juga bisa dipengaruhi oleh jenis bunga yang dipakai didalam sistem produksinya.

3. Kebersihan
Madu dengan kandungan serbuk sari tinggi umumnya tampak agak keruh. namun madu juga keruh apabila sistem penyaringannya tidak prima. So, yakinkan didalam cairan madu tersebut tak ada serpihan debu atau type kotoran yang lain.