Cara Atasi Penyakit Kuning

Sebelum kepada bahasan cara atasi penyakit kuning, ada baikya kita mengenal lebih dulu apa itu penyakit kuning, gejala penyakit kuning, dan penyebab penyakit kuning.

Penyakit kuning atau orang biasa menyebutnya dengan nama lever, yaitu di antara type penyakit beresiko yang bila tidak dilakukan pengobatan dengan tepat, dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Penyakit ini dibagi jadi beberapa jenis, salah satunya radang hati (hepatitis), serta mengerasnya hati (sirosis).

Penyakit ini sukar diobati bila penderitanya telah menandakan beberapa sinyal tubuh, mata, dan bagian tubuh yang lain dominan berwarna kuning. Sebelum semua itu berlangsung, baiknya kerjakan pencegahan sejak dini, salah satunya dengan mengenali tanda-tanda awal penyakit kuning.

Gejala penyakit kuning

Gejala penyakit kuning yang sangat tampak yaitu tubuh, kulit, mata bagian yang berwarna putih jadi kuning, air seni yang dikeluarkan tidak jernih serta cenderung memiliki warna gelap.

Orang yang menderita sakt kuning diandai juga  dengan hilang atau kurangnya nafsu makan, kerap muntah dikarenakan mual serta kerap menderita demam.

Penyebab penyakit kuning

Penyebab hadirnya penyakit kuning biasanya dikarenakan tingkat bilirubin yang ada didalam tubuh meningkat, tersebut yang mengakibatkan tubuh pasien serba kuning. Adapun meningkatnya bilirubin karenabeberapa hal berikut:

  • Disfungsi hati yang telah tidak stabil saat melakukan metabolisme pada bilirubin.
  • Saluran empedu alami penyumbatan yang dikarenakan beragam perihal, misalnya tumor maupun batu empedu.
  • Pecahnya sel darah merah didalam jumlah yang besar. Perihal ini terkadang berlangsung pada bayi yang baru lahir, yang dapat pulih dengan sendirinya.

Cara Atasi Penyakit Kuning
Gambar dari patient.co.uk

Cara atasi penyakit kuning

Cara atasi penyakit kuning harus dilakuan dengan menyeluruh, tak hanya usaha medis maupun herbal yang dikerjakan, kita juga membutuhkan usaha yang lain. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kuning.
  • Membiasakan untuk meminum air yang dimasak sampai benar-benar masak. Ukurannya yaitu dimasak sampai mendidih. Air yang dimasak sampai medidih dapat terbebas dari bakteri serta kuman.
  • Jangan mengonsumsi makanan basi ! bila pingin makan, masaklah terlebih dulu dengan mendadak.
  • Jauhkan makanan dan minuman dari berbagai jenis serangga, misalnya kecoa atau lalat, supaya makanan tersebut tidak tercampur dengan kuman serta bakteri yang dibawanya.
  • Biasakan untuk membersihkan tangan sebelum dan setelah makan sampai bersih dengan menggunakan sabun. Juga lakukan cuci tangan setiap kali menjelang tidur.

Demikian sekilas share mengenai cara atasi penyakit kuning. Walaupun ini lebih cenderung ke pencegahan, namum jangan disepelekan. Semoga kita dapat melindungi kesehatan kita hingga terhindar dari penyakit mematikan ini.