Cara meredakan sakit radang tenggorokan

Advertisement
Sakit tenggorokan amat menyiksa, terlebih saat kita menelan, terasa perih banget. Sakit tenggorokan sebagian besar disebabkan oleh  virus. Dan ternyata bukan bakteri yang menjadi tersangka utamanya, kalau bakteri dapat dilenyapkan dengan antibiotik.

Pada prinsipnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan dapat dikerjakan dengan menggunakan beberapa bahan alami, tanpa obat. Banyak hal yang dapat anda kerjakan untuk mengatasi sakit radang tenggorokan ini, diantaranya :

1. Istirahat yang cukup serta minum banyak cairan.
2. Berkumurlah dengan memakai air hangat yang digabung dengan garam (1 sendok teh garam per 1 gelas air)
3. Anda juga boleh menghisap pastiles
4. Hisaplah makanan beku layaknya es loli

Untuk mengobati rasa sakit atau lebih tepatnya cara meredakan sakit radang tenggorokan, Anda dapat mengkompres tenggorokan dengan kain yang sudah direndam didalam air hangat.

Boleh juga dicoba campuran hangat chamomile : campur 1 sendok makan bunga chamomile kering dengan 1 atau 2 gelas air mendidih, diamkan sampai menjadi hangat, sekitar 5 menit. Setelah itu, masukkan kain atau handuk bersih ke dalam air teh, peras airnya, lantas gunakan sebagai kompres dengan menempatkan ke tenggorokan anda. Angkat kain bila telah dingin serta ulangilah hingga anda jadi tambah baik.

Cara yang lainnya adalah menggunakan plester garam. Campur 2 cangkir garam laut ke dengan 5 atau 6 sendok makan air hangat-hangat kuku. Garamnya semestinya lembab namun tidak terlampau basah. Tempatkan garam di dalam lap piring, lantas gulunglah lap serta tutupkan ke daerah leher. Tutuplah dengan kain kering atau lap piring kering yang lain.

Boleh dicoba menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas didalam area berendam anda, lantas tempatkan handuk di sekitar kepala anda untuk menghalangi uap, bersandarlah ke area berendam sembari terus mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melewati mulut serta hidung sepanjang 5-10 menit. Ulangilah berapa kali didalam 1 hari.

Berkumur tiap beberapa jam sekali dengan air garam hangat dapat mengurangi rasa sakit, janganlah merokok, jauhi makanan pedas serta gorengan dan banyak minum air putih serta jus buah. Demikian cara meredakan sakit radang tenggorokan.

Cara meredakan sakit radang tenggorokan | Najla Alliya | 5