Demam Anak Penyakit Elit

Demam dan masuk angin pada anak saat ini merupakan penyakit yang elit. Ungkapan ini setidaknya merupakan anekdot untuk kenaikan harga bawang merah dan bawang putih yang "of de rekor" yakni bisa mencapai kurang lebih 300%.

Busyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettt...!!! Kurang ajar ya? Eh, kurang panjang ya kata "busyet" nya?

Lalu apa masalahnya? Masalah buat lho? Demikian memnjam kata Soimah yang cantik...!!!

Ya jelas, masalah buat kami, pasalnya jika menilik penggunaan bawang merah dalam pengobatan herbal bagi anak, misalnya penggunaan kerokan seperti pada post masuk angin anak, dan juga pemanfaatan bawang merah dalam artikel bawang merah pereda demam anak, apakah tidak memakai bawang merah, bro?

Walaupun blog ini adalah blog pengobatan alternatif, artinya sah-sah saja menggunakan "alternatif bahan pengobatan" (saya beri tanda "kutif"), namun tetap saja ada rasa miris mendengar kenaikan harga bawang di Indonesia yang nota bene negara kita katanya adalah negara agraris, negara pertanian, atau negara apalah itu, yang pasti kita tidak dapat menerima peristiwa besar ini.

Apa yang sebenarnya sedang terjadi?

Sebenarnya penyebab kenaikan harga bawang itu apa sih? Beragam spekulasi muncul ke permukaan, salah satunya seperti dikutif lensaindonesia.com.

Katanya penyebab pertama adalah karena bentuk kepanikan pasar. Tak tahulah itu, katanya lagi, jika harga bawang putih naik, maka memungkinkan bawang merah juga ikut terkatrol naik. Ini mah teori tuturut munding, menurut bahasa Argentina namah.

Penyebab kedua katanya karena produksi turun disebabkan cuaca hujan. “Saat ini cuaca hujan juga diduga menjadi penyebab adanya kegagalan panen. Jika produksi turun, maka bisa jadi ini penyebab harga naik karena permintaan relatif tetap.” Walah teori kuno yang usang ini mah, Bung! Ini alasan yang dibuat-buat.

Dan penyebab ketiga katanya diduga karena adanya faktor penimbunan. Ini sepertinya yang rada masuk akal ya bro! Kalau boleh menambahkan, karena dibalik itu semua ada permainan besar (barusan nonton di TV).

Yang pasti, kenaikan harga bawang tidak saja membuat penyakit demam dan masuk angin anak naik peringkatnya menjadi termasuk dalam jajaran "penyakit elit", lebih dari itu merupakan pukulan yang "benar-benar sangat telak sekali"  bagi para pengusaha kecil.

Bagaimana Andil pemerintah?