Jenis Makanan Untuk Mata

Jenis makanan untuk mata berikut ini bukan saja hanya dapat membantu mata dapat tampak cerah, lebih dari itu, dapat bermanfaat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan mata, misalnya katarak, degenerasi makular, serta keluhan mata yang lain.

1. Telur 
Telur memiliki kandungan sumber nutrisi yang baik untuk mata. Beberapa kandungan tersebut yaitu vit. a, zinc, lutein, b12, vit. d, serta cysteine. Lutein serta zeaxanthin yang ditemukan didalam putih telur adalah antioksidan terbaik untuk menghindar degenerasi makular serta katarak.

2. Bayam 
Bayam juga banyak memiliki kandungan lutein serta zeaxanthin. Disamping itu kandungan vit. c dalam sayuran yang bagus untuk mata ini dapat menghindari glaukoma.

3. Bawang putih 
Bawang putih memiliki kandungan selenium, vit. c, vit. b1, quercetin, serta glutathione yang berperan membuat perlindungan lensa mata pada radikal bebas seperti cahaya UV. Bawang putih juga bisa melindungi sirkulasi darah hingga bisa memperkuat beberapa sel optik serta daya tahan tubuh.

4. Ikan salmon 
Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibanding dengan jenis ikan serta makanan laut yang lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang teratur mengkonsumsi asam lemak omega-3 dapat terhindar dari masalah mata kering.

5. Biji bunga matahari 
Kandungan selenium, vit. e, serta zinc yang terkandung dalam biji bunga matahari dapat menghindari penyakit katarak serta degenerasi makular yang dikarenakan oleh penuaan. Selain itu, biji bunga matahari juga memiliki kandungan vit. b2 yang bermanfaat untuk menangani penyakit photophobia (sensitivitas mata pada sinar).

Jenis Makanan Untuk Mata6. Wortel 
Wortel kaya akan kandungan beta-karoten. Beta-karoten dapat diubah oleh tubuh menjadi vit. a yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Manfaat wortel lainnya yaitu dapat menolong tubuh melepas radikal bebas.

7. Alpukat 
Buah alpukat merupakan salah satu buah untuk mata sehat selain buah yang lainnya. Buah yang bagus untuk mata ini mempunyai kandungan lutein yang sangat banyak daripada jenis buah yang lainnya. Sebagaimana diterangkan di atas, lutein bermanfaat untuk menghindari degenerasi makular serta katarak.

8. Tomat 
Sebagaimana pada post mengenai manfaat tomat, tomat amat baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vit. a, vit. c serta lycopene, tiga nutrisi penting untuk mata.

9. Kol 
Kol juga memiliki nutrisi penting untuk kesehatan mata, sepertihalnya bayam, yakni lutein serta zeaxanthin. Nutrisi tersebut manfaatnya layaknya ‘sunglasses’ yang membuat perlindungan mata pada pancaran cahaya ultraviolet. Bahkan tidak cuma itu, mengkonsumsi sayuran kol bisa menurunkan efek terkena katarak sampai 22%.

Itulah share mengenai sembilan jenis makanan untuk mata agar sehat. Semoga share tersebut bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat. Termakasih.