Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Tanaman pir termasuk tanaman yang mudah tumbuh di banyak belahan dunia. Buahnya terasa enak serta menyegarkan. Buah Pir ini telah menjadi makanan favorit di semua kelompok umur masyarkat.

Bukan cuma enak, buah pir memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat buah pir dalam hal  kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisinya.

Untuk mendapatkan faedah buah pir untuk kesehatan anda di tuntut untuk mengkonsumsinya dengan teratur, dapat memakannya dengan langsung maupun dapat disajikan sebagai jus.

Barangkali masih banyak yang belum mengetahui manfaat buah pir untuk kesehatan. Termasuk Anda mungkin salah satunya ... :) hehe.

Buah pir mempunyai kandungan serat yang lebih banyak dibanding dengan buah apel. Dalam satu buah apel memiliki kandungan 3 gr serat, buah pir dapat memiliki kandungan 2 kali lipatnya, yaitu sebesar 6 gr. Hal ini menunjukkan bahwa cukup dengan konsumsi satu buah pir setiap harinya dapat mencukupi 20% konsumsi serat yang dianjurkan.

Serat yang terkandung dalam buah pir ini amat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan dengan mengkonsumsi buah pir bisa menurnkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dan menurut penelitian terbaru menyatakan bahwa buah pir bisa mengurangi efek stroke sampai 50%. Disamping itu, buah pir juga bebas dari lemak, kolesterol, sodium, dan mengandung vitamin c serta kromium.

Menurunkan berat badan dengan buah pir adalah salah satu pilihan yang tepat. Kandungan air yang tinggi dalam buah pir ini bisa membantu Anda merasa kenyang. So, buah pir sanga baik jika dimasukaan ke dalam program diet menurunkan berat badan.

Buah Pir amat baik bagi yang mempunyai penyakit diabetes serta hypoglicemics. Hal ini dikarenakan kandungan indeks glikemiknya rendah hingga gula yang terdapat didalamnya dapat diserap tubuh dengan perlahan hingga melindungi level gula darah supaya terus stabil.

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Selanjutnya, buah pir juga kaya pektin, yakni serat diet yang mudah larut, zat ini dapat menurunkan kolesterol serta meregulasi gerakan usus besar. So, tidak diragukan lagi buah pir amat baik bagi mereka yang mempunyai konstipasi.

Bagi ibu hamil, buah pir juga baik dikonsumsi secara teratur. Buah Pir  memiliki kandungan folat yang bisa menghindar bayi lahir didalam situasi cacat.

Khasiat buah pir untuk kesehatan yang sangat besar terdapat pada kulitnya. Oleh sebab itu, baiknya mengonsumsi buah pir sekaligus dengan kulitnya supaya memperoleh manfaat yang lebih optimal.

Dan berikut ini tips sewaktu anda akan membeli buah pir, pastikan buah pir yang dipilih tidak memar, tidak tepotong, warnanya kecoklatan atau tampak muda.

Bila Anda ingin memilih buah pir yang telah masak, pilihlah buah pir yang terasa lembut saat di tekan dengan menggunakan jari. Tetapi, bila anda beli buah pir dan bermaksud untuk dikonsumsi dalam bebeapa hari lagi, sebaiknya anda menentukan buah pir yang agak keras saat ditekan jari supaya dapat tahan lama.

Tips untuk mempercepat buah pir agar cepat matang, cukup dengan menyimpan buah apel di sampingnya. Buah apel akan melepas gas etilen ke udara dan gas ini dapat membuat buah lain yang ada di dekatnya jadi cepat masak. Pastikan Anda mengkonsumsi buah pir yang masak agar memperoleh efek antioksidan terbaik.

Demikian sekilas share mengenai khasiat buah pir untuk kesehatan. Semoga kajian tentang faedah buah pir untuk kesehatan ini bisa bermanfaat bagi Anda.