Masalah sembelit dan solusinya

Advertisement
Sembelit bisa disebabkan salah satunya yaitu karena sistem pencernaan yang kurang lancar, kurang mengkonsumsi serat, kurang cairan dan banyak lagi penyebab yang lainnya.

Sembelit umumnya banyak mengenai ibu hamil serta bayi, tetapi tidak menutup kemungkinan tak hanya ibu hamil serta bayi saja yang sering mengalami sembelit. Mungkin Anda juga saat ini sedang menderita sembelit.

Berikut akan saya sedikit ulas mengenai sembelit serta langkah menanganinya, mudah mudahan dapat jadi referensi anda didalam menangani persoalan pencernaan yang berpeluang besar anda alami.

Sembelit pada ibu hamil disebabkan oleh sistem tubuhnya yang menghasilkan hormon progesteron lebih banyak seperti biasanya. Hormon tersebut dilepaskan supaya ibu hamil lebih rileks saat menjalani kehamilannya.

Tetapi, tak hanya dapat menenangkan serta merilekskan, hormon progesteron juga memiliki pengaruh lain pada organ tubuh, termasuk kepada sistem pencernaan, yang bisa menyebabkab sistem kerjanya menjadi kurang optimal akibat pengaruh hormon tersebut.

Namun jangan takut, karena susah BAB untuk ibu hamil ini merupakan hal yang wajar terjadi. Dan semuanya dapat diatasi dengan mudah, kok. Kita bahas belakangan saja ya solusinya.

Sembelit pada bayi berlangsung dikarenakan bayi belum memiliki sistem pencernaan yang stabil. Pada awal kelahirannya, bayi cuma dapat mengkonsumsi cairan berbentuk susu, asi, atau air putih saja. Di saat itu pencernaan lumrah saja, dikarenakan sistem pencernaan cuma mencerna cairan.

Tetapi, Ketika bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan padat layaknya buskuit, kue, bubur, maka pencernaannya mulai menyesuaikan juga. Nah, penyesuaian sistem pencernaan inilah yang menyebabkan bayi biasanya mengalami sulit BAB atau sembelit.

Masalah sembelit dan solusinyaDan sembelit dapat terjadi juga pada kita selaku orang dewasa yang mungkin notabene memiliki sistem pencernaan normal dan sehat. Sembelit bisa berlangsung dikarenakan pola makan yang tidak sehat, layaknya mengkonsumsi makanan yang tidak di perhatikan kandungan gizinya, kandungannya dan dampaknya. Walau sebenarnya, sembelit berlangsung dikarenakan tubuh tidak memperoleh kandungan serat yang cukup.

Solusibya, baiknya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dengan teratur supaya kemungkinannya dapat dihindari. Tak hanya kurang serat, sembelit terkadang berlangsung dikarenakan kekurangan cairan, yang bikin tubuh kesusahan mencerna makanan hingga membuahkan feses yang padat serta tidak lunak.

Demikianlah info tentang sembelit serta langkah menanganinya, yakni melalui cara dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi serta memperbanyak minum air putih.
Advertisement
Masalah sembelit dan solusinya | Najla Alliya | 5