Mengapa Buah dan Sayuran Penting Bagi Ibu Hamil?

Jika Anda tengah berusaha mencari informasi mengenai makanan bagi wanita hamil yang baik itu apa, Anda berada pada tempat yang tepat. Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil itu banyak, lho! Saking banyaknya, kali ini saya ingin menshare seputar permasalahan buah dan sayuran saja, ya!

Mengapa?

Karena sudah banyak yang mengetahui manfaat buah sayuran bagi ibu hamil, namun tidak sedikit pula yang mengabaikan mengkonsumsi jenis makanan sehat yang satu ini. Bahkan banyak pakar yang membahas jenis makanan yang penting ini sangat penting bagi ibu hamil.

Namun jika anda tidak suka dengan satu macam buah-buahan, anda tidak butuh memakannya dengan terpaksa, coz banyak jenis buah lainnya yang bisa Anda pilih untuk Anda konsumsi.

Buah dan sayuran bahkan terdiri atas banyak jenis warna, ada warna merah, oranye, kuning, hijau, putih, dan ungu. Dan setiap warna yang dimiliki, tentu saja mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda pula.

Banyak manfaat yang akan didapat jika mengkonsumsi buah dan sayuran secara konsisten selama kehamilan. Diantaranya yakni bayi dalam kandungan pun ikut ‘mencicipi’ makanan yang anda makan melalui cairan ketuban yang terhubung pada janin.

Dan apabila anda sudah memperkenalkan calon bayi anda pada aneka jenis buah-buahan sehat dan sayuran di dalam rahim, itu berarti anda bisa memberikan pelajaran kepada calon buah hati anda.

Manfaat sayuran untuk ibu hamil jangan diragukan lagi, warna sayuran hijau tua adalah yang paling dominan. Salah satunya yakni sayur bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan nutrisi dan vit. a, c, dan k, serta asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Bahkan ketika ibu telah melahirkan pun, buah dan sayuran tetap merupakan sebuah hal yang jangan sampai Anda tinggalkan. Nutrisi dan vitamin yang ada didalam buah-buahan serta sayuran terus dibutuhkan oleh ibu serta bayi, dan tidak dapat digantikan dengan yang lain.

Buah serta sayuran bagi ibu yang tengah menyusui, tidak saja bermanfaat kepada bayi yang disusuinya. Lebih dari itu, dapat membantu diet sesudah melahirkan untuk ibu yang mau cepat menormalkan berat badannya.

Mengapa Buah dan Sayuran Penting Bagi Ibu HamilSelain itu, buah dan syuran juga dapat menjaga tubuh awet muda terutama pasca melahirkan. Kandungan vitamin a, c, dan beta karoten dapat membuat perlindungan seseorang terlihat awet muda. Beta karoten dapat memberi dukungan perubahan jaringan sel kulit baru, menyehatkan mata, serta dapat membuat kulit mulus dan hlus.

Kandungan vitamin E pada buah dan sayuran memiliki manfaat yang tidak usah diragukan lagi. Vitamin E  terutama diperlukan untuk mengatasi persoalan dengan kesehatan kulit. Megkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin E dapat mengatasi dan memperlambat kulit yang mengendur dan bersisik.

Vitamin E terdapat dalam berbagai jenis sayuran dan  seperti pada mangga, pir, alpukat, pisang, apel. Vitamin E juga terdapat dalam biji-bijian, kacang-kacangan, serta asparagus.