Sayuran Untuk Mata Sehat

Advertisement
Sebenarnya banyak jenis sayuran untuk mata sehat, apalagi tidak hanya sebatas sayuran, misalnya jenis makanan untuk mata. Namun pada postingan kali ini saya akan menshare jenis sayuran saja, dan yang umum dikonsumsi. Seperti berikut:

Wortel
Wortel pasti telah banyak yang mengenal pemanfaatan wortel untuk mata. Ssayuran yang memiliki warna orange ini tak hanya mempunyai kandungan vitamin A, juga memiliki kandungan beta karoten yakni  karotenoid.

Tubuh anda merubah betakaroten jadi vit. a, yang bertindak didalam sistem bioelektrik di mata. Ini berarti, betakarotein atau antioksidan yang terdapat didalamnya berperan membuat perlindungan sel mata dari rusaknya yang dikarenakan oleh radikal bebas akibat polusi serta cahaya matahari yang berlebih.

Sayuran Untuk Mata SehatBayam
Anda sering mengkonsumsi bayam? Syukurlah, bayam adalah sumber makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin c serta bera-karoten. Disamping itu, bayam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mata layaknya lutein serta zeaxathin.

Tidak cuma lezat, bayam juga banyak memiliki kandungan vitamin seperti vit. a, b1, c, dan mineral lainnya seperti kalsium, fosfor, besi, hidrat arang, lemak, serta protein. Kandungan nutrisi yang tinggi tersebut menjadikan bayam dijuluki sebagai king of vegetables.

Sayuran hijau ini berguna untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi bayam bisa membuat perlindungan mata dari tuturan cahaya matahari serta menghindari berlangsungnya katarak.

Ubi jalar
Seperti halnya wortel, ubi jalar juga kaya akan kandungan vitamin A yang amat baik untuk mata. Disamping itu, kandungan vitamin A pada ubi jalar tergolong sebagai anti oksidan yang berperan untuk menghindari kanker. Ubi jalar juga memiliki kandungan beta karoten yang bermanfaat membuat perlindungan kulit dari pancaran cahaya matahari.
Advertisement
Sayuran Untuk Mata Sehat | Najla Alliya | 5