Susah BAB Untuk Ibu Hamil

Susah BAB untuk ibu hamil memiliki kemungkinan yang besar. Pasalnya banyak yang menjadi penyebab susah BAB atau sembelit untuk ibu hamil, beberapa diantaraya adalah:

1. Ketidakstabilan produksi hormon
Pada waktu seseorang hamil, umumnya dapat menghasilkan hormon progesteron semakin banyak, dikarenakan menghendaki supaya tubuh serta organ organnya lebih rileks. Situasi tubuh rileks ini justru dapat membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan optimal, lambung mencerna makanan kurang baik, sistem mendorong kotoran didalam usus besar lantas kurang optimal, yang akhirnya menghasilkan susah BAB atau sembelit untuk ibu hamil.

2. Diet ibu hamil yang kurang tepat
Terkadang ibu hamil melakukan diet karena takut nantinya memiliki badan yang gemuk setelah melahirkan. Bahkan diet yang dilakukan adalah salah yaitu dengan mengurangi jumlah cairan tubuh. Sembelit untuk ibu hamil yang mengerjakan diet sejenis ini amat besar peluangnya untuk berlangsung, dikarenakan feses tidak memperoleh cairan yang cukup, selanjutnya dapat keras serta lebih padat.

3. Konsumsi suplemen ibu hamil
Untuk melindungi daya tahan tubuh, ibu hamil umumnya dianjurkan dokter dan bidan untuk mengkonsumsi suplemen buat ibu hamil. Dan suplemen yang banyak diberikan yaitu suplemen yang dapat menyuplai zat besi dan untuk menambah darah. Dua kandungan tersebut adalah di antara penyebab susah BAB untuk ibu hamil.

Susah BAB Untuk Ibu HamilSembelit untuk ibu hamil tidak dapat dihindari. Tetapi, sebagai usaha untuk hindari perihal hal yang tidak di idamkan, Anda dapat melakukan hal untuk mencegah sembelit semasa hamil, dengan langkah seperti berikut:

- Perbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi, contohnya buah buahan, sayur sayuran serta gandum utuh,
- Perbanyak mengonsumsi air putih,
- Perbanyak olahraga ringan seperti jalan kaki

Demikianlah bahasan mengenai penyebab susah BAB untuk ibu hamil dan sedikit tips untuk menanganinya. Semoga bermanfaat.