Atasi Eksim Dengan Baking Soda

Umumnya baking soda akan tersedia didalam kotak obat pertolongan pertama, manfaatnya tiada lain yaitu untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Saat baking soda digabungkan dengan air, reaksi endotermik yang dihasilkan dan karakter antiseptiknya menjadikan baking soda bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit.

Untuk permasalahan kulit, baking soda bisa jadi alternatif yang baik dan bisa menjadi salah satu solusi yang dapat diandalkan.

Penyakit kulit seperti eksim dapat terjadi pada siapa saja tidak kenal usia. Eksim adalah penyakit kulit yang tidak menular, yang dimanifestasikan sebagai bercak merah gatal di bagian kulit yang terkena.

Penanganan eksim fokus pada bagaimana cara mengatasi peradangan kulit serta gatal yang nampak. Karakter antiseptik dari baking soda amat efisien menyembuhkan ruam yang dikarenakan oleh eksim.

Walau baking soda terasa lembut pada kulit, dianjurkan untuk melakukan beberapa langkah pencegahan sebelum menggunakan baking soda untuk pertama kalinya.

1. Jangan memakai baking soda untuk mandi apabila anda mempunyai kulit peka dan rawan alergi pada beberapa produk perawatan kulit.

2. Sebaiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu dengan campuran encer di bagian kecil yang terkena ruam.

Dan bila ruam jadi tambah kemerahan atau jadi gatal, tambah baik tidak menggunakan baking soda untuk mandi.

3. Bila anda memandikan bayi dengan baking soda, yakinkan bahwa bayi tidak menelan air mandi.

Menelan baking soda didalam jumlah yang tinggi dapat mengakibatkan sakit kepala serta mual.

4. Apabila anda mempunyai permasalahan dengan jantung atau ginjal, yakinkan tidak menelan air campuran baking soda dikarenakan baking soda mangandung natrium tinggi hingga bisa menyebabkan problem kesehatan yang lain.

6. Penting untuk diketahui, bila anda adalah penderita diabetes dengan kecenderungan untuk mengembangkan infeksi atau perdarahan pada luka kecil, janganlah menggunakan baking soda untuk mengatasi eksim.

Dan berikut ini cara menyembuhkan eksim dengan menggunakan baking soda.

1. Mandi baking soda

Tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam bak mandi yang penuh.

Yakinkan air tidak terlampau panas. dan pastikan juga mandinya tidak terlampau lama. Hal ini karena kontak dengan baking soda yang terlampau lama bisa mengakibatkan kekeringan yang terlalu berlebih.

Untuk memandikan bayi serta anak-anak awalilah dengan campuran yang diencerkan serta dengan bertahap menambah konsentrasi hingga 1/2 cangkir apabila dibutuhkan.

Mandi dengan menggunakan baking soda juga dapat membantu menangani ruam popok pada bayi.

Sesudah mandi, berikan pelembab pada kulit bayi. Janganlah menggunakan cream kulit atau product kimia keras yang lain. Gunakan pakaian yang terbuat dari serat alami layaknya katun.

2. Pasta baking soda

Baking soda sebenarnya tak hanya dapat dipakai untuk mandi, ternyata juga dapat dibikin pasta untuk menangani rasa gatal pada kulit yang terkena eksim.