Minuman untuk jantung sehat, apa saja ya?

Beberapa jenis minuman yang akan saya sebutkan di bawah ini merupakan minuman untuk jantung sehat. Dan jika Anda ingin mengetahui makanan untuk jantug sehat, silahkan dapat melihat post mengenai makanan untuk jantung sehat.

Menjawab komentar pertanyaan dari salah seorang pengunnjung setia blog ini, apa saja minuman yang sehat bagi jantung? Berikut jawabannya,  minuman yang dianjurkan dan bisa menolong melindungi kesehatan jantung.

1. Kopi

Barangkali perihal ini sepintas terdengar aneh. Namun mengkonsumsi kopi didalam jumlah yang pas bisa menghalangi peradangan serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Anjuran : meminum 2 sampai 4 cangkir kopi /hari terhitung kelompok moderat. Namun bila anda mengalami insomnia, gelisah serta kelelahan, cukup minum satu gelas saja.

2. Jus delima

Para ahli dari university of california melakukan peelitian dan mendapatkan bahwa, kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi daripada anggur merah serta teh hijau. Penelitian awal memperlihatkan, mengonsumsi teratur jus buah delima bisa turunkan kolesterol, kurangi plak arteri ( factor risiko untuk penyakit jantung ), serta menambah aliran darah ke jantung.

Anjuran : bila sangat mungkin, jauhi tambahan pemanis waktu bikin jus delima.

3. Anggur merah ( red wine )

Anggur merah memiliki kandungan banyak senyawa yang bisa membuat perlindungan kesehatan jantung, terhitung diantaranya resveratrol. Resveratrol mempunyai karakter antioksidan yang bisa membuat perlindungan pembuluh darah di jantung dan menolong menghindar pembentukan penggumpalan darah.

Sebagian bukti juga memperlihatkan, mengonsumsi anggur merah didalam jumlah yang moderat bisa menambah hdl ( kolesterol baik ).

Anjuran : untuk wanita, disarankan tidak lebih 1, 5 gelas /hari. Untuk pria, tidak lebih 2 gelas.

4. Teh hitam

Teh hitam dihasilkan melewati sistem fermentasi sesudah daun dipanen lantas dikeringkan. Pengolahan ini merubah komposisi kimia dari daun, hingga membuahkan sebagian antioksidan kuat yang dapat memberi dukungan untuk kesehatan jantung.

Teh hitam sudah dapat dibuktikan bisa mengurangi risiko stroke, ldl ( kolesterol jahat ), melakukan perbaikan manfaat pembuluh darah, serta menambah aliran darah didalam arteri koroner.

Anjuran : makin lama anda mencelupkan teh, maka makin besar faedah fitokimia yang didapatkan. Oleh sebab itu, menghidangkan teh dengan air panas jauh lebih baik sekalian melindungi kandungan antioksidan agar terus terjaga. Mengkonsumsi beberapa cangkir teh hitam tiap-tiap hari bisa menolong kurangi risiko penyakit jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utama dengan teh hitam yaitu bahwa teh hijau tidak difermentasi. Studi th. 2004 memperlihatkan bahwa minum teh hijau didalam jumlah yang banyak bisa menghindar efek penyakit arteri koroner.

Masih banyak penelitian yang menghubungkan mengonsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah serta stroke.

Anjuran : minum 1-3 cangkir teh hijau 1 hari.

6. Air

Dehidrasi bisa berkontribusi pada sebagian factor risiko untuk penyakit jantung koroner, terhitung darah kental. Saat anda tengah dehidrasi, darah dapat jadi lebih kental. Situasi ini bikin hati anda mengeluarkan semakin banyak daya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apalagi, dehidrasi kritis bisa mengakibatkan hipertensi ( tekanan darah tinggi ).

Anjuran : banyak pakar merekomendasikan sekurang-kurangnya didalam 1 hari seseorang mesti minum 8-10 gelas air ( untuk dewasa ). Namun rekomendasi jumlah yang perlu diminum tidak dapat berlaku pada tiap-tiap orang serta tiap-tiap situasi.

Namun yang pasti, janganlah membiarkan tubuh anda hingga mengalami dehidrasi. Anda juga bisa memberikan jus atau air perasan lemon ke didalam air hangat untuk memberikan cita rasa sekalian memeroleh faedah peluruhan serta antioksidan.

Sumber: rewrite dari kompas.com