KETAHUI LEBIH JAUH TENTANG APA ITU PENYAKIT ASAM URAT

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang akhir-akhir banyak diderita oleh sebagian besar orang dan seringkali terdengar orang menyebut nama penyakit asam urat ini saat mereka merasakan pegal-pegal, linu, dan kaku pada persendian di tubuh mereka.

Namun meski demikian, jika ditanya apa itu penyakit asam urat, barangkali sebagian besar orang tidak dapat menjelaskannya dengan lengkap. Sehingga obat herbal yang digunakan utuk mengatasi asam urat pun mungkin tidak begitu signifikan.

Apa itu penyakit asam urat bisa jadi merupakan pertanyaan yang terlintas di pikiran orang saat orang lain mengatakan dirinya terkena penyakit asam urat.

Asam urat adalah penyakit yang timbul akibat tingginya kadar purin dalam tubuh. Setiap tubuh makhluk hidup (manusia, tumbuhan, dan hewan) memiliki zat purin di dalamnya. Zat purin bisa dihasilkan dari proses pembelahan sel yang terjadi secara normal dan juga bisa dihasilkan akibat terjadinya gangguan dalam tubuh.

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya manusia mengonsumsi tumbuhan dan hewan, dan seperti telah disinggung di atas, dalam tubuh hewan dan tumbuhan juga terdapat zat purin. Jika tumbuhan dan hewan yang mengandung banyak zat purin dimakan oleh manusia maka kadar zat purin yang ada dalam tubuh manusia akan meningkat.

Jumlah zat purin yang terlalu tinggi akan menyulitkan ginjal untuk mengolah dan membuangnya sehingga timbunan zat purin tersebut akan mengkristal (seperti bubuk garam) dan tertimbun pada persendian. Timbunan zat purin ini lah yang mengakibatkan penyakit asam urat yang ditandai dengan peradangan, pembengkakan, dan rasa nyeri pada sendi.

Setelah mengetahui apa itu penyakit asam urat, ada baiknya mengetahui juga makanan apa saja yang memiliki kandungan zat purin terlalu banyak sehingga harus dihindari agar tidak menderita penyakit asam urat.

Jenis-jenis makanan yang terlalu banyak mengandung zat purin, yakni makanan yang menyebabkan asam urat meningkat adalah makanan laut atau seafood, jeroan, abon atau dendeng, makanan kaleng, daging-dagingan, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, buah-buahan jenis tertentu seperti nanas, durian, dan air kelapa, makanan berlemak atau makanan yang digoreng, dan lain-lain.

Jika ingin terhindar dari penyakit asam urat, maka makanan serta minuman yang banyak mengandung zat purin seperti yang sudah disebut di atas harus dihindari, dan jika terpaksa sesekali harus mengonsumsi jenis makanan tersebut maka, obat herbal asam urat yang alami salah satunya dengan cara minum air bening yang banyak, sebab air bening dapat membantu proses pembuangan zat purin dari dalam tubuh dengan cara melarutkannya dan membuangnya bersama urin (air kencing).