APA SAJA BUAH UNTUK ASAM URAT DAN KOLESTEROL

Advertisement
Penyakit asam urat dan penyakit akibat kolesterol tinggi dalam darah merupakan penyakit yang banyak terdapat pada masyarakat modern. Kedua penyakit ini memiliki kaitan erat dengan pola makan seseorang. Silahkan boleh membaca post sebelumnya mengenai apa itu penyakit asam urat.

Makanan yang mengandung banyak lemak merupakan hal yang menghubungkan penyakit asam urat dengan penyakit kolesterol tinggi, untuk penyakit asam urat, selain makanan yang mengandung banyak lemak juga makanan yang mengandung terlalu banyak zat purin.

Jenis makanan yang dapat mencegah atau mengatasi kedua penyakit tersebut salah satunya adalah jenis buah-buahan. Buah untuk asam urat dan kolesterol tentunya adalah buah-buahan yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah sekaligus juga menurunkan zat purin dalam tubuh.

Salah satu buah yang dapat mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat dan dan kolesterol tinggi adalah buah naga. Buah naga memang dikenal memiliki efek khasiat sebagai obat herbal.

Buah naga yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus adalah buah yang asli berasal dari Amerika Tengah dan dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki iklim tropis, subtropis, hingga wilayah yang beriklim kering.

Buah untuk asam urat dan kolesterol ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga juga memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol.

BUAH NAGA UNTUK ASAM URAT DAN KOLESTEROL

Selain itu kandungan air dalam buah naga dapat melarutkan zat purin dalam tubuh dan membuangnya bersama cairan tubuh seperti air seni dan keringat. So, buah naga sangat baik sebagai obat herbal asam urat yang alami.

Buah naga tidak hanya buah untuk asam urat dan kolesterol, karena buah naga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dengan kandungan karoten yang dimilikinya.

Khasiat lain dari buah naga khususnya buah naga yang berwarna merah adalah dapat mencegah serta mengobati penyakit jantung, kanker, dan membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut karena buah naga mengandung zat lycopene.

Buah naga merah juga memiliki fungsi untuk membantu pembentukkan jaringan sebab buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, fosfor, dan protein.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah naga ini dapat dikonsumsi dalam bentuk jus dan diminum secara rutin setiap hari. Segelas jus buah naga mengandung kurang lebih 100 kilo kalori.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal dari buah naga sebaiknya dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung agar enzim yang terdapat dalam mulut dapat ikut terserap bersama khasiat yang terdapat dalam buah naga.
Advertisement
APA SAJA BUAH UNTUK ASAM URAT DAN KOLESTEROL | Najla Alliya | 5