CARA MENGHINDARI PENYAKIT DIABETES YANG MUDAH DAN MURAH

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, begitupun dengan cara menghindari penyakit diabetes akan jauh lebih baik daripada mencari cara pengobatan penyakit yang semakin naik daun ini.

Mencegah artinya penyakit yang tidak diinginkan belum terjadi pada tubuh, sedangkan mengobati dilakukan setelah terjadi kerusakan pada tubuh akibat terjangkit penyakit. Ibarat sebuah cermin yang sudah retak, meski di sambungkan kembali menggunakan perekat terbaik di dunia, retakannya akan tetap terlihat.

Cara menghindari penyakit diabetes jauh lebih baik dari obat diabetes terbaik manapun yang ditujukan untuk mengobati penyakit kencing manis ini. Baik itu pengobatan secara medis atau pun tradisional, misalnya menggunakan obat herbal mengatasi kencing manis.

Menghindari berbagai penyakit seringkali berkaitan dengan penerapan pola hidup sehat sebab sebagian besar penyakit diakibatkan oleh perilaku atau pola hidup yang tidak sehat.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penyakit diabetes. Cara ini mungkin bukanlah share mengenai cara membuat dan mengkonsumsi obat herbal.
  1. Mempertahankan berat badan yang seimbang. Kelebihan berat badan akibat jumlah lemak tubuh berlebih akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebagian besar orang yang didiagnosis menderita diabetes memiliki berat badan lebih.
  2. Ketahui riwayat kesehatan keluarga. Dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga akan membuat seseorang lebih waspada jika dalam keluarganya ada satu atau lebih penderita penyakit diabetes ini. Kemungkinan seseorang terkena diabetes dua kali lebih tinggi pada mereka yang memiliki riwayat penderita diabetes di keluarganya.
  3. Rajin berolahraga. Olahraga yang rutin dan teratur dapat mencegah diabetes dengan berolahraga, berat badan akan terjaga dan aliran darah dalam tubuh akan lancar.
  4. Cara menghindari penyakit diabetes langkah ke empat adalah dengan mengatur pola makan. Pola makan yang baik adalah pola makan yang seimbang (semua nutrisi yang diperlukan tubuh dikonsumsi dalam jumlah yang cukup) serta mengonsumsi seminimal mungkin makanan yang mengandung banyak gula dan lemak.
  5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menyeluruh. Bagi mereka yang berusia di atas 45 tahun harus mulai melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin setiap 3 tahun sekali. Namun, pada orang yang termasuk dalam kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin kadar gula darah ini harus dimulai pada usia lebih dini.
  6. Monitor tekanan darah secara teratur. Melakukan monitoring atau pengawasan pada tekanan darah secara berkala penting dilakukan sebab lebih dari 70 persen orang dewasa yang terkena penyakit diabetes ternyata juga menderita tekanan darah tinggi.
  7. Cara menghindari penyakit diabetes yang terakhir namun tidak kalah penting dengan cara-cara sebelumnya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran segar. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa zat warna dalam buah-buahan dan tanaman (sayuran) akan merangsang produksi insulin serta menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga dapat merangsang pembentukan advanced glycation end products (AGE).
Demikianlah tujuh buah cara untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes atau kencing manis. Semoga bermanfaat.