MENGENALI GEJALA PENYAKIT DIABETES MELITUS TIPE 1

Kebanyakan orang barangkali hanya mengenal penyakit diabetes secara umum. Petugas medis atau dokter lah yang biasanya lebih mengenal penyakit diabetes berdasarkan golongan atau tipe tertentu. Gejala penyakit diabetes mellitus tipe 1 pun bisa dipastikan tidak diketahui orang kebanyakan karena yang biasa dikenal adalah gejala diabetes secara umum.

Kerusakan sel pada kelenjar pankreas sebagai kelenjar yang memproduksi hormon insulin merupakan tanda seseorang telah menderita penyakit diabetes mellitus tipe 1. Penyebab dari penyakit diabetes ini dapat terjadi karena faktor keturunan (genetik) maupun karena reaksi alergi.

Konsekuensi dari kondisi yang umum terjadi pada penderita penyakit diabetes mellitus tipe 1 ini adalah harus dilakukan suplai insulin dari luar tubuh yang biasa dilakukan dengan disuntikkan menggunakan jarum suntik.

Penderita diabetes mellitus tipe 1 ini sebagian besar terdiagnosa sejak usia dini yakni pada usia di bawah 30 tahun. Kelompok diabetes mellitus tipe 1 dikenal juga dengan sebutan diabetes mellitus ketergantungan insulin atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama IDDM (insulin-dependent diabetes mellitus).

Gejala penyakit diabetes mellitus tipe 1 ini seringkali tidak dirasakan oleh penderita sebab sebagian besar penderita diabetes mellitus tipe 1 memiliki kesehatan dan berat badan yang normal saat penyakit ini mulai menjangkiti tubuhnya.

Selain itu, baik sensitivitas maupun respon tubuh terhadap hormone insulin umumnya normal, terutama pada tahap awal. Hingga saat ini IDDM belum dapat dicegah atau disembuhkan bahkan melalui diet atau olah raga sekalipun.

Hiperglikemik atau tingginya kadar glukosa dalam darah merupakan hal yang biasa terdiagnosa pada penderita dibetes mellitus tipe 1 dan gejala penyakit diabetes mellitus tipe 1 yang mengikutinya di antaranya adalah sering merasa lapar dan haus dan akibatnya tentu saja jadi sering buang air kecil.

Tubuh penderita mengalami penurunan berat badan yang cukup kentara (signifikan) karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak disimpan di bawah lapisan jaringan sel akan tetapi lebih banyak yang terbuang bersama air seni.

Gejala lainnya adalah penglihatan menjadi kabur dan timbul rasa nyeri yang cukup hebat pada lambung. Gejala tahap awal seperti ini mungkin masih bisa diatasi dengan obat herbal.

Gejala penyakit diabetes mellitus tipe 1 tahap awal seringkali sulit dideteksi terutama jika terjadi pada anak-anak. Baca juga, obat herbal mengatasi kencing manis.

Penderita anak-anak biasanya baru ketahuan menderita penyakit diabetes mellitus tipe 1 ini setelah di bawa ke rumah sakit atau ke dokter karena mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) yang cukup berat, darah menjadi asam akibat terkontaminasi suatu zat racun, atau karena tidak sadarkan diri.