MAKANAN YANG MENYEBABKAN ASAM URAT MENINGKAT

Sebelum kita bahas mengenai makanan yang menyebabkan asam urat meningkat ada baiknya kita lebih dulu mengenal apa itu asam urat. Asam urat merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar purin dalam tubuh. Purin sebenarnya dimiliki oleh setiap makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Organ ginjal dalam tubuh mengolah zat purin menjadi asam urat, namun jika kadar atau jumlah purin tersebut terlalu banyak, maka ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengolah dan membuangnya, sehingga asam urat kemudian mengkristal seperti garam bubuk dan menumpuk di persendian.

Akibat penumpukan kristal asam urat tersebut, persendian akan mengalami peradangan, terasa nyeri, serta mengalami pembengkakkan. Dengan demikian, sudah bisa kita tebak, makanan yang menyebabkan asam urat meningkat adalah makanan yang mengandung banyak purin.

Purin bisa dihasilkan dalam tubuh oleh perusakan sel- sel tubuh yang terjadi secara normal atau akibat penyakit tertentu, dan seperti yang telah disinggung di atas bahwa setiap makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan memiliki zat purin di dalam tubuhnya, jika hewan atau tumbuhan tersebut dimakan oleh manusia, maka zat purin yang terdapat dalam tubuh hewan serta tumbuhan tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia yang memakannya dan akan menambah jumlah zat purin yang berada dalam tubuh manusia tersebut.

Tingginya kadar zat purin dalam tubuh inilah yang menimbulkan penyakit asam urat. Beberapa jenis hewan serta tumbuhan memiliki kadar purin yang sangat tinggi dalam tubuhnya sementara beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang lain memiliki kadar purin yang tidak terlalu tinggi dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, makanan yang menyebabkan asam urat meningkat baik yang berasal dari tumbuhan maupun yang berasal dari hewan sebaiknya dihindari agar tidak timbul penyakit asam urat.

Makanan yang mengandung banyak sekali zat purin dan merupakan makanan yang menyebabkan asam urat meningkat dan harus dihindari agar tidak terkena penyakit asam urat di antaranya adalah makanan laut atau seafood, jeroan, abon atau dendeng, makanan kaleng, daging-dagingan, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, buah-buahan jenis tertentu seperti nanas, durian, dan air kelapa, makanan berlemak atau makanan yang digoreng, dan lain-lain.

Jika ingin terhindar dari penyakit asam urat, maka obat herbal seperti apa yang cocok untuk mengatasinya? Selain harus menghindari beberapa makanan serta minuman yang banyak mengandung zat purin seperti yang sudah disebut di atas.

Dan jika terpaksa sesekali harus memakan jenis makanan tersebut maka minumlah air bening merupakan obat herbal asam urat yang alami sebab air bening dapat membantu proses pembuangan zat purin dari dalam tubuh melalui air seni saat seseorang buang air kecil.