JENIS-JENIS SAYUR UNTUK MENURUNKAN DIABETES

Pada sebagian besar penderita, penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang sangat berkaitan erat dengan pola hidup dan pola makan, boleh dibaca gejala penyakit diabetes melitus tipe 1. Kurang berolah raga atau kurang melakukan aktivitas fisik dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula merupakan penyebab utama seseorang menderita penyakit diabetes.

Mengonsumsi banyak buah dan sayur untuk menurunkan diabetes merupakan cara yang banyak disarankan oleh para ahli kesehatan dan dokter kepada para penderita penyakit kencing manis ini.

Namun tidak semua jenis sayur baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab ada beberapa jenis sayur yang harus dihindari karena mengandung kadar gula cukup tinggi seperti lobak, wortel, serta bawang.

Banyak macam ragam sayur yang sangat baik untuk mencegah atau mengobati berbagai macam penyakit.

Sayur untuk menurunkan diabetes adalah sayur yang dapat dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes agar kadar gula dalam darahnya tetap terjaga dalam keadaan normal stabil.

Berikut adalah macam-macam sayur yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Katakanlah jenis sayuran berikut merupakan obat herbal mengatasi kencing manis:
  1. Labu. Selain sebagai sayuran, sayur berwarna kuning-oranye ini juga dapat disajikan dalam bentuk jus. Satu gelas jus sayur labu mengandung 30 kalori, 1 mg sodium, 8 gram karbohidrat serta 1 gram protein. Dengan kandungan tersebut, labu dapat digolongkan sebagai sayuran anti diabetes. Labu juga bersifat obat herbal dengan memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, dan tiga jenis asam lemak lain yang juga memiliki sifat antiinflamasi (mencegah peradangan) dan antikarsinogenik (anti kanker).
  2. Sayur untuk menurunkan diabetes yang kedua adalah pare. Rasa sedikit pahit (berlawanan dengan rasa manis dari gula) yang dimiliki pare merupakan penanda bahwa sayur ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes . Mengonsumsi satu gelas jus pare setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah. Sayuran yang mengandung senyawa insulin ini dapat meningkatkan intoleransi glukosa pada penderita diabetes.
  3. Selada. Daun yang biasa disajikan sebagai menu lalapan ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat penting, yang diyakini sebagai zat antioksidan seperti vitamin A, C, E, K, magnesium, mangan, asam folat, natrium , dan fosfor. Sebuah penelitian yang dilakukan di Brazil menunjukkan bahwa sebagian besar penderita diabetes memiliki kadar antioksidan yang rendah dalam tubuhnya, padahal zat antioksidan dapat menghindarkan tubuh dari penyakit diabetes dan komplikasinya. Oleh karena itu, selada sangat disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari.
  4. Buncis juga merupakan sayur untuk menurunkan diabetes. Buncis memiliki dua zat ampuh yang dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh, kedua zat tersebut adalah stigmasterol dan b-sitosterol.
Demikianlah post mengenai empat jenis sayuran yang berkhasiat dapat menurunkan diabetes atau kencing manis. Semoga bermanfaat.