TERAPI JUS UNTUK PENYAKIT DIABETES

Kehidupan modern seperti dua sisi mata uang, di satu sisi banyak memberikan kemudahan dan kepraktisan akan tetapi di sisi lain juga memberi banyak dampak kurang baik terhadap kehidupan manusia.

Dampak kurang baik yang diakibatkan oleh kehidupan modern adalah orang jadi kurang melakukan aktivitas fisik karena segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah, praktis dan cepat.

Selain itu pola makan juga jadi tidak sehat sebab makanan yang trend di dunia modern adalah jenis makanan cepat saji yang banyak mengandung gula serta lemak dan sedikit sekali mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh seperti serat dan zat anti racun.

Salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan pola hidup serta pola makan yang tidak sehat adalah penyakit diabetes.

Sepertihalnya penggunaan obat herbal, terapi jus untuk penyakit diabetes juga merupakan salah satu cara untuk menjaga agar penyakit diabetes yang diderita oleh seseorang tetap terkontrol dan tidak bertambah parah.
TERAPI JUS APEL UNTUK PENYAKIT DIABETES

Jus merupakan jenis hidangan yang biasanya terbuat dari buah-buahan atau sayuran yang dihancurkan dengan cara diblender dan dicampur dengan air (kadang menggunakan air dingin atau air es) serta gula untuk menambah rasa manis.

Namun pada terapi jus untuk penyakit diabetes tentu saja gula harus dicoret atau dihilangkan, kalaupun memakai gula, gula yang digunakan adalah gula non kalori. Baca juga, obat herbal mengatasi kencing manis.

Jus buah-buahan memang merupakan hidangan yang sangat baik bagi penderita penyakit diabetes. Namun tidak semua jenis buah-buahan dan sayuran baik untuk penderita penyakit diabetes, ada beberapa sayuran yang tidak baik bagi penderita penyakit diabetes karena mengandung kadar gula yang cukup tinggi seperti bawang, lobak, dan wortel.

Terapi jus untuk penyakit diabetes harus menggunakan buah-buahan atau sayuran yang dapat merangsang kerja kelenjar pankreas sebagai kelenjar penghasil insulin, dapat menambah kadar insulin dalam tubuh, serta dapat menjaga agar kadar gula dalam darah tetap berada dalam kisaran yang diperbolehkan. Baca, sayur untuk menurunkan diabetes.

Selain itu buah-buahan atau sayuran tersebut juga harus banyak mengandung magnesium, seng, kromium, dan vitamin B6. Penderita diabetes umumnya mengalami defisiensi (tubuh tidak bisa menyerap dengan baik) ke empat zat gizi tersebut.

Dan keempat zat gizi tersebut di atas merupakan zat yang dapat merangsang kerja pancreas serta dapat meredakan peradangan yang terjaadi pada pankreas.

Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk terapi jus bagi penderita diabetes diantaranya buah nanas, jambu biji, belimbing, dan buah apel.