Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Yang Paling Ampuh

Inilah cara membedakan madu asli dan madu palsu yang paling ampuh hasilnya, gan! Ngeri juga setelah menyaksikan acara investaigasi "Awas Madu Palsu" di trans TV barusan. Bahaya madu palsu bisa menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan, bahkan dapat menimbulkan kanker. Hal ini karena bahan pembuat madu palsu bisa jadi mengandung pewarna tekstil dan bahan berbahaya lainnya. Jadi, telitilah sebelum membeli, jangan hanya tergiur terhadap manfaat madu, yang memang berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Hal ini jika madu yang anda miliki adalah asli. Nah, bagaimana kalau palsu?

Bahkan jika Anda orang awam terhadap permaduan, akan sangat sulit membedakan madu asli dan madu palsu. Hal ini karena kepiawaian si pembuat madu palsu yang semakin canggih saja, mulai dari madunya itu sendiri yang baik rasa ataupun rupanya bisa menyamai madu asli, hingga dalam pengemasannya yang bisa tampak madu asli, bahkan ada label DEPKESnya segala.

Nah bagi Anda yang merasa was-was apakah madu palsu atau asli yang Anda beli, berikut saya share tipsnya yang paling jebret dan akurat untuk membedakan madu asli dan palsu!

Mengapa paling  akurat? Memang banyak cara menguji keaslian madu, mulai dari uji semut, uji telur, hingga uji serap, akan tetapi cara tersebut sudah tidak memberikan hasil yang akurat, sangat sublim dan kemungkinan besar bisa memberikan hasil yang salah. Hal ini karea kandungan dalam madu asli dan palsu seperti disakarida dan monosakarida sulit dibedakan, http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_pangan.

Langkah Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Nah berikut cara yang paling ampuh membedakan madu asli dan palsu, sebagaimana yang dikabarkan dalam acaranya trans tv, yakni menggunakan uji larut. Caranya sangat mudah, tinggal sediakan gelas yang telah diisi air putih. Lalu lakukan langkah menguji madu sebagai berikut.

Memasukkan madu kedalam gelas berisi air. Hasilnya yaitu, kalau madu asli Akan mengendap di bawah, madu palsu agak tercampur.

Dan jika setelah air dikucek, Madu asli akan berwarna keruh, madu palsu hasilnya akan bening (trasfaran)


Dan perilaku busa madu bagaimana? Setelah dilakukanpengocekan, busa pada madu asli akan lambat menghilang, sedangkan busa pada madu palsu akan cepat menghilang.

Demikian cara membedakan madu asli dan madu palsu yang paling mudah secara tradisional. Semoga Anda tidak tertipu lagi membeli dan mengkonsumsi madu palsu.