Penyebab Bau Mulut dari Perut

Bau mulut atau halitosis adalah masalah umum banyak orang. Bau mulut sering disebabkan karena kebiasaan mulut yang buruk seperti menyikat gigi dan flossing, penyakit gusi, makanan yag masuk di antara gigi, infeksi dan radang gusi, serta beberapa masalah gigi lainnya.

Penyebab bau mulut bisa juga dimulai dari lambung. Salah satu tersangkanya adalah bisa bakteri penyebab bau mulut di usus dan perut manusia. Mereka dikenal untuk menghasilkan senyawa volatil tertentu seperti methyl mercaptan, dimetil sulfida dan hidrogen sulfida yang menyebabkan bau busuk di mulut yang tidak menyenangkan.

Penyebab bau mulut dari perut

Bakteri di dalam perut

Penyebab Bau Mulut dari Perut
Helicobacter pylori telah dikaitkan dengan bau mulut yang berasal dari perut. Bakteri ini sering ditemukan di mulut tetapi mereka juga terdeteksi di perut. Infeksi oleh bakteri ini dapat menyebabkan penyakit lambung seperti maag, radang perut, ulkus duodenum, kanker lambung, refluks asam, dan gangguan dispepsia dan usus. Setiap penyakit lambung ini menyebabkan napas yang berbau.

Ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri berbahaya

Penyebab lain bau mulut dari perut adalah karena ketidakseimbangan dalam jumlah bakteri baik dan berbahaya. Jika jumlah bakteri berbahaya meningkat dibandingkan dengan bakteri menguntungkan dalam perut, itu bisa mengarah pada pencernaan yang buruk mengakibatkan refluks asam dan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari ragi fermentasi. Produk sampingan fermentasi dapat menyebabkan bau mulut.

Asam refluks

Penyebab paling umum dari bau mulut dari perut adalah asam refluks. Acid reflux terjadi ketika katup disebut sebagai otot sfingter esofagus yang mengontrol pengosongan isi lambung termasuk asam lambung dan enzim pencernaan terganggu. Biasanya, katup ini bertanggung jawab untuk membuka dan menutup esophagus bagian bawah yang dikosongkan ke dalam perut. Namun, dalam katup cacat atau rusak, gagal untuk membangun sebuah penghalang antara perut dan kerongkongan yang memungkinkan aliran langsung dari isi perut bersama dengan asam lambung, enzim pencernaan dan bakteri. Campuran asam ini berjalan ke bagian belakang mulut, tenggorokan dan rongga mulut dan menyebabkan bau busuk rasa asam saat bernapas keluar udara.

Kurangnya asam klorida

Penyebab lain yang dikenal bau mulut berasal dari perut adalah kurangnya asam klorida dalam perut. Asam klorida diperlukan untuk pencernaan yang baik. Jadi, asam klorida yang tidak cukup dapat menyebabkan pencernaan yang buruk. Partikel makanan yang tercerna akan mengalir langsung ke dalam usus, potongan-potongan makanan tak terputus dapat menjadi tengik (terurai) dan melepaskan gas berbau dan keluar melalui mulut saat bernapas yang menyebabkan bau mulut. Selanjutnya, gerakan usus yang tidak teratur memungkinkan makanan ini tercerna membusuk dan memancarkan gas berbau busuk.

Parasit usus

Parasit usus juga dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut dari perut bisa berasal dari isi perut sulit dicerna atau mungkin menjadi tanda beberapa penyakit gastrointestinal yang mendasari penyakit serius seperti penyakit hati atau ginjal dan kanker perut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengevaluasi penyebab pasti bau mulut dan mengobati penyebab yang mendasarinya.

Demikian share mengenai penyebab bau mulut yang datang dari perut. Jadi bau mulut tidak hanya  bisa berasal dari penyakit gigi. Oya, baca juga artikel terkait yakni, obat sakit gigi tradisional paling ampuh.