Cara Tradisional Mengatasi Nyeri Haid

Cara tradisional mengatasi nyeri haid - Semua wanita yang telah memasuki usia dewasa akan mengalami proses menstruasi atau haid. Proses ini terjadi dalam siklus menstruasi wanita pada saat kesuburan telur atau ovulasi. Banyak perasaan yang muncul bersamaan dengan datangnya periode ini, mulai dari merasa tidak sehat, emosi yang melonjak atau rasa sakit di perut.

Setiap wanita akan memiliki pengalaman yang berbeda dan bervariasi sesuai dengan kebiasaan gaya hidup dan lingkungan masing-masing. Salah satu cara tradisional mengatasi nyeri haid untuk mengobati mengatasi nyeri haid adalah dengan meggunakan obat-obatan herbal yang dibuat tanpa bahan kimia yang dapat menyebabkan efek samping.

Nyeri Haid dan Penyebabnya


Cara Tradisional Mengatasi Nyeri Haid

 Cara Tradisional Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid dapat disebabkan oleh beberapa faktor, adanya peradangan di panggul, tumor, atau kelainan di rahim itu sendiri. Rasa sakit ketika menstruasi disebabkan oleh pembusukan telur di dalam rahim, hal inilah yang menyebabkan rasa sakit yang berlebihan muncul ketika Anda sedang menstruasi.

Umumnya, wanita sering menganggap nyeri haid adalah normal, meskipun tanda nyeri haid yang berlebihan dapat menyebabkan endometriosis sulit memiliki keturunan. Endometriosis adalah suatu penyakit yang terjadi karena pertumbuhan dari selaput lendir rahim ( endometrium ) di luar rahim. Darah haid yang tumpah ke dalam rongga perut dapat kemudian berkembang menjadi kista. Tidak hanya ke dalam rongga perut, endometriosis juga dapat terjadi berupa benjolan di saluran tuba atau rahim. Benjolan ini dapat dari kacang hijau atau hanya bercak.

Berikut adalah beberapa obat herbal alami yang dapat digunakan untuk cara tradisional mengatasi nyeri haid atau setidaknya bisa mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

1. Pisang dan Air Garam

Obat herbal yang digunakan adalah garam 2-3 sendok makan air dan 1 umbi pisang kepok sebesar tinju tangan. Remas-remas parutan pisang yang dicampur dengan air garam dan kemudian diperas dan disaring. Gunakan dengan cara minum 2 kali sehari, masing-masing minum 2 sdm.

2. Bawang putih dan air hangat

Selain jamu di atas untuk menyembuhkan sakit selama menstruasi adalah bawang Putih dengan dan air hangat. Sediakan 2 siung bawang putih dikupas. Kemudian kunyah bawang putih sampai halus dan minum dengan 2 sendok makan air hangat. Lakukan 2 kali dalam sehari.

3. Cengkeh dan Kunyit

Cara tradisional untuk menghilangkan rasa sakit saat menstruasi selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran beberapa rempah-rempah yaitu : 5 butir cengkeh, 7 butir ketumbar, kunyit 10 gram, 5 gram pala

Setelah semua bahan dicuci, direbus dengan 400 cc hingga menjadi 200 cc air hangat. Saring dan minum rebusan air hangat.

Demikian semoga bermanfaat share mengenai cara tradisional mengatas nyeri haid.