Apakah Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Tinggi?

Apakah penyebab terjadinya tekanan darah tinggi? Berikut adalah 10 faktor risiko yang dapat berkontribusi untuk mengembangkan tekanan darah tinggi. Baca terus ya, penting untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi  # 1: Usia
Semakin tua Anda semakin besar resiko anda menderita dari tekanan darah tinggi. Orang tua terutama pada risiko lebih tinggi terkena bacaan sistolik tinggi. Risikonya adalah karena pengerasan pembuluh darah.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 2: Hereditary
Jika ada riwayat keluarga yang memiliki kolesterol tinggi, maka mungkin itu adalah alasan bagi Anda untuk mulai khawatir. Ini bentuk warisan dari tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan pada usia dini.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 3: Jenis Kelamin
Pria memiliki kemungkinan lebih besar terkena tekanan darah tinggi daripada wanita. Itu tidak berarti wanita tidak perlu khawatir, Anda juga berada pada risiko yang tinggi pula. Jadi, baik pria atau wanita biasakanlah memiliki gaya hidup dan kebiasaan makan sehat.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 4: ObesitasObesitas bisa menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Orang yang memiliki penyimpanan lemak di sekitar perut mereka, pinggul dan paha memliki risiko terkena tekanan darah tinggi. So, jaga berat badan Anda!

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 5: Sensitif Garam
Beberapa orang sensitif terhadap garam atau sodium intake, yang membuat tekanan darah mereka meningkat. Jika Anda sensitif terhadap garam, maka satu-satunya pilihan untuk tetap aman adalah dengan mengurangi asupan. Berhati-hati saat menggunakan garam dalam makanan Anda. Bacalah label sebelum memakan makanan olahan. Makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi di dalamnya.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 6: Alkohol
Konsumsi alkohol berat adalah buruk bagi Anda. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol berat untuk menjaga tekanan darah Anda normal.

Stres Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Tinggi
Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 7: Stres
Jika Anda merasa tegang selama jam kantor atau stres karena alasan lain, dan kondisi tersebut menyebabkan tekanan darah Anda semakin meningkat, mundurlah dari situasi stres Anda, tetap tenang dan rileks-kan diri sendiri. Stres selama bekerja adalah salah satu hal terburuk bagi kesehatan Anda.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 8: Kontrasepsi
Dalam penelitian terbaru, tercatat bahwa mengkonsumsi secara teratur pil KB atau kontrasepsi oral memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 9: Malas-malasan
Hanya tiduran di sofa malas tidak hanya akan memperluas garis pinggang Anda, tetapi juga Anda akan memiliki risiko tinggi terkena tekanan darah tinggi. Lakukanlah beberapa aktivitas fisik, dan berolahragalah. Aktivitas fisik akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi, bergerak aktif aktif akan membantu untuk membuka pembuluh darah untuk menjaga tekanan dalam pembuluh darah dan arteri dalam batas normal.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi # 10: Mengkosumsumsi obat-obatan secara konsisten
Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati gejala pilek atau alergi dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selalulah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat apapun dan memberitahukan kepadanya tentang riwayat medis Anda untuk menghindari komplikasi.

Demikianlah share singkat mengenai 10 hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya darah tinggi. Semoga bermanfaat.