5 Cara mudah mengurangi kecanduan kafein

Cara mudah mengurangi kecanduan kafein - Minuman yang mengandung kafein memang memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat memberikan semangat. Tapi jika terlalu banyak menkonsumsi kafein juga bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Bahkan mengkonsumsi kafein yang terlalu sering dan berlebihan bisa berefek kecanduan, akhirnya kafein dapat menumpuk di tubuh. Baca juga artikel mengenai, dibalik nikmatnya kopi.

5 Cara mudah mengurangi kecanduan kafein


Cara mudah mengurangi kecanduan kafein
Nah untuk mengurangi kecanduan minuman yang mengandung kafein berikut ini saya memiliki beberapa cara mudah mengurangi kecanduan kafein yang bisa dilakukan siapapun

Batasi jumlah kafein
Pembatasan mengkonsumsi kafein bisa dilakukan secara bertahap, mulai dari pengurangan tidak terlalu signifikan misalnya menjadi 2 gelas sehari satu gelas perhari, hingga 1 gelas dalam dua hari, dan seterusnya.

Cari minuman penggati
Cobalah mencari minuman pengganti lainnya, misalnya teh herbal atau teh hijau yang memiliki kandungan kafein tidak terlalu banyak. Atau bahkan bisa menyelinginya dengan mengkonsumsi jus buah atau sayuran yang lebih menyehatkan.

Banyak minum air putih
Mengkonsumsi air putih bisa juga dilakukan saat Anda ingin mengkonsumsi kafein, segeralah bisa diganti denga minum air putih. Hal ini juga bermanfaat untuk mengganti dan meningkatkan kadar air di tubuh. Baca juga, inilah manfaat air putih yang keren.

Olahragalah
Olahraga yang Anda lakukan selain bermanfaat untuk memberikan energi, juga setidaknya bisa menghilangkan rasa kecanduan akan kafein, selain bisa membuat tubuh menjadi sehat berenergi.

Beristirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bisa dilakukan dengan tidur yang cukup. Tidur juga bermanfaat bisa memulihkan bahkan memberikan stimulan pembangkit energi yang sama manfaatnya dengan kafein.

Demikian beberapa cara untuk menghentikan kecanduan mengkonsumsi kafein. Memang diawal pastinya akan sulit melepaskan ketergantungan akan mengkonsumsi kafein ini. Namun perlu diingat bahwa kebanyakan kafein dalam tubuh juga akan membahayakan. So, cobalah untuk menerapkan cara di atas dan selamat berjuang untuk mengurangi kecanduan kafein.