Kandungan Gizi Dan 7 Khasiat Buah Kelengkeng

Kandungan gizi dan khasiat buah kelengkeng (Lengkeng) - Rasa ingin tahu manfaat serta kandungan yang terdapat dalam buah kelengkeng ini datang begitu saja ketika saya mengkonsumsi buah yang memiliki rasa yang khas dan unik ini.

Padahal dulu tahun 1996-an ketika saya melaksanakan penataran P4 di sebuah Universitas ternama di Bandung, salah satu konsumsi yang diberikan adalah buah kelengkeng. Entah mengapa saat itu, mungkin dasarnya saya orang udik, merasa aneh dengan rasa buah ini.

Saat ini saya baru tahu bahwa buah yang satu ini adalah buah yang kaya akan kandungan gizi serta memiliki khasiat istimewa.

Kandungan Gizi Dan Khasiat Buah Kelengkeng

Beberapa kandungan gizi pada buah lengkeng yang jangan dianggap sepele adalah sebagai berikut.
  1. kalori
  2. karbohidrat
  3. protein
  4. serat
  5. air
  6. Vitamin B1 (Thiamine)
  7. Vitamin B2 (riboflavin)
  8. Vitamin B3 (Niasin)
  9. Vitamin C
  10. Kalsium
  11. Besi
  12. Mangan
  13. Magnesium
  14. Fosfor
  15. Kalium
  16. Seng 

Kandungan Gizi Dan Khasiat Buah Kelengkeng
Adapun beberapa manfaat dan kegunaan buah kelengkeng misalnya adalah sebagai berikut.

1. Khasiat buah kelengkeng untuk mengatasi kecemasan

Untuk mengatasi kecemasan dan penurunan mental, bahkan amnesia lakukan dengan cara mengkonsumsi tonik lengkeng setiap hari. Cara membuat tonik lengkeng yaitu dengan mencampur 500 gr buah lengkeng serta gula pasir sebanyak 500 gram. Lalu didihkan campura tersebut dengan menggunakan air hingga menadi kental. Cara konsumsinya yaitu minumlah sebanyak 1 sdm setiap hari.

2. Khasiat buah lengkeng untuk mengatasi rasa lemah setelah sakit

Setelah sembuh dari sakit biasanya kondisi badan masih lemah. Untuk mngantisipasi hal tersebut, makanlah buah lengkeng sebanyak 50 gram.

3. Khasiat Lengkeng Untuk Luka

Cara ini bisa dilakukan dengan membuat obat oles yag terbuat dari kulit lengkeng. Caranya yaitu bakarlah sedikit kulit lengkeng hingga gosong menjadi arang. Hasilnya campur dengan minyak zaitun. Gunakan ramuan ini dengan cara mengoleskan pada bagian luka.

4. Khasiat buah lengkeng untuk mengatasi insomnia
Insomnia atau susah tidur bisa diatasi dengan buah lengkeng melalui sifatnya yang bisa mengendorkan sel saraf, sehingga bisa membuat pikiran Anda menjadi relaks, dan Andapun akan trhindar dari insomnia. Baca, segalanya tentang insomnia.

5. Khasiat buah lengkeng untuk menambah nafsu makan

Konsumsilh sebanyak 60 gram buah kelengkeng di pagi hari, niscaya dapat menambah nafsu makan Anda. Lakukan hal ini jika Anda memiliki nafsu makan yang kurang. Ingin nafsu makan bertambah, 1001 solusinya di sini.

6. Khasiat buah lengkeng untuk mengatasi bau badan

Untuk mengatasi dan menghilangkan bau badan, buah lengkeng cukup efektif digunakan. Caranya tumbuklah campuran antara 25 gram biji lengkeng dan 9 gram lombok hitam. Cara menggunakannya yaitu ramuan yang sudah dibuat tersebut dijadikan sebagai bedak, dapat dioleskan kepada ketiak atau bagian badan lainnya. Cari solusi mengatasi bau badan lainnya?

7. Khasiat buah kelengkeng untuk ibu hamil dan bersalin
Ibu yang habis melahirkan membutuhkan suplai energi yang lebih. Buah kelengkeng dengan kandungan gizinya seperti sukrosa, lemak, dan protein bisa diandalkan guna memenuhi kebutuhan zat gizi baik pada saat hamil maupun ibu pasca melahirkan. Baca juga, buah lainnya yang bagus untuk ibu hamil.

Itulah kandungan gizi dan 7 khasiat buah kelengkeng yang sangat baik untuk Anda konsumsi karena khasiatnya yang luarbiasa. Semoga bermanfaat.