Waspadalah dengan 8 Jenis Makanan Ini

Nutrisi memang memiliki khasiat yang menyehatkan bagi tubuh. Tapi apabila nutrisi dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi justru akan berakibat fatal bagi kesehatan, bahkan hingga dapat menimbulkan kematian. Salah satunya yaitu sodium atau disebut juga natrium.

Sebuah fakta mengejutkan dan menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi ini berkaitan dengan 1,65 juta orang kematian di dunia setiap tahunnya.

Sodium memang merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh. Tapi jika mengkonsumsi dalam takaran rekomendasi WHO yaitu lebih dari 2 gram perhari akan berakibat fatal bagi tubuh, misalnya akan memicu tmbulnya penyakit kardiovaskular, dan berhubungan dengan penyakit darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

8 Makanan yang mengandung natrium (sodium) tinggi

Makanan yang mengandung natrium sodium tinggi
Perlu saya sebutkan beberapa jenis makanan yang mengandung kadar garam tinggi kepada Anda agar Anda bisa tetap waspada dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. 8 jenis makanan ini yaitu:


1. Roti
Roti yang walaupun tidak terasa asin ternyata memiliki kadar natrium yang tinggi. Ada roti yang memiliki kadar garam tidak tinggi yaitu jenis roti gandum utuh.

2. Makanan Beku
Makanan yang dibekukan seperti jeis daging olahan memiliki kadar sodium yang cukup tinggi, rata-rata diantaranya bisa mencapai 500 mg per sajian.

3. Dressing pada salad
Salad dengan sayuran memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Satu sendok makanan yang terkesan sehat ini bisa memiliki kdar sodium sebesar 214 mg.

4. Sereal
Kandungan natrum pada sereal ada yang bisa mencapai 300 mg dalam satu mangkuk kecil. So batasi makan sereal ya, jangan kebanyakan mengkonsumsinya dalam sehari.

5. Kacang kalengan
Kandungan sodium pada kacang kalengan sangat besar, bisa mencapai 1.008 mg. Itu berarti sudah mencapai setengah batas harian mengkonsumsi nutrisi natrium.

6. Saus spaghetti
Ini juga jenis makanan yang enak tapi memiliki kandungan sodium yang hampir setengahnya yang direkomendasikan. Kandungan saus spaghetti instan mencapai 1000 mg.

7. Minuman bersoda rendah kalori
Dalam 350 ml minuman soda rendah kalori mengandung 28 mg sodium. Terhitung kecil sih, tapi jika meminumnya terlalu banyak, akan besar juga. Apalagi jika dikonsumsi dengan jenis makanan lainnya yang sama-sama memiliki kandungan sodium (natrium) tinggi. So, batasi konsumsi mungkin terdengar lebih bijak.

8. Sup kalengan
Kandungan sup kalengan biasanya lebih tinggi lagi, kandungan sodiumnya ada yang mencapai 1.106 mg. Pastiya bagi ibu-ibu yang membeli sup kalengan hrus lebih bijak memilih sup kalengan dengan label "rendah sodium".

Demikian semoga dengan postingan ini, Anda menjadi lebih bijak dalam mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung sodium (natrium) dengan kadar tinggi ini. Semoga bermanfaat.