5 Dampak Stres Pada Tubuh Dan Pikiran

Stres yang Anda alami dapat menyerap energi, dan gairah hidup Anda. Stres juga memiliki dampak yang sangat negatif pada tubuh dan pikiran sehari-hari. Berikut adalah beberapa efek dari kelelahan dan stres yang mungkin Anda alami.

Kontrol Stres Pada Tubuh Dan Pikiran
Lelah
Kecemasan dan stres dapat menunda tidur dan beristirahat. Stres juga memicu produksi hormon kortisol, juga dikenal sebagai hormon stres yang benar-benar membantu tubuh melawan stres. Namun seringkali dalam jangka panjang AAU, jumlah kortisol jatuh dan membuat otak dan tubuh menjadi lelah serta letih.Baca juga cara menghilangkan pusing lelah

Libido
Stres kronis dapat mempengaruhi produksi estrogen untuk menjaga fungsi organ reproduksi agar tetap stabil. Ketika produksi estrogen terganggu, libido Anda juga dipengaruhi dan tidak memiliki hasrat untuk berhubungan pasutri.

Sembelit
Ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres juga bisa membuat Anda susah buang air besar. Jika Anda mengalami hal ini, perbanyak konsumsi cairan, serat, menggunakan obat-obatan untuk membantu gerakan usus bila diperlukan.

Berat badan
Pada beberapa orang, stres menyebabkan gangguan makan. Oleh karena itu, stres dapat membuat kenaikan berat badan dengan cepat.

Kerontokan rambut
Hormon androgen membuat kulit Anda pecah-pecah dan rambut menjadi rapuh dan jatuh, tapi situasi ini dapat dipulihkan dengan menggunakan diet seimbang.

Meskipun stres melanda pikiran Anda, jangan lupa untuk menjaga kesehatan Anda dan diet, sehingga stres tidak menyebabkan masalah yang lebih tinggi.