Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami

Cara menyembuhkan sakit kepala secara alami. Rasa sakit kepala bisa dialami oleh siapa saja, baik Anda masih muda atau tua, pria maupun wanita.

Sakit kepala bisa banyak hal yang menjadi penyebabnya, misalnya kerja yang cukup melelahkan, stres, kurang tidur, atau bahkan oleh faktor luar misalnya perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Baca juga, cara meredakan sakit kepala tanpa minum obat.

Jika Anda menderita sakit kepala yang tidak terlalu signifikan penyebab dan sakitnya, cara alami berikut mudah-mudahan dapat mengurangi rasa sakit kepala Anda. Berikut ini cara untuk menyembuhkan sakit kepala secara alami.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Secara Alami
1. Lakukan kompres es
Cara alami pertama untuk mengatasi sakit kepala, misalnya migrain, adalah dengan melakukan kompres es. Caranya sangat mudah, tinggal masukkan beberapa potong es ke dalam kantung kompres, lalu gunakan/kompres pada bagian kepala.

2. Minyak gosok
Minyak gosok efektif untuk mengatasi sakit kepala akibat kurang istirahat atau kelelahan. Gosokkan minyak pada beberapa bagian dengan dilakukan pemijatan pada bagian punggung hingga terasa hangat dan enakan.

3. Menghangatkan tubuh
Menghangatkan tubuh bermanfaat bagi yang menderita sakit kepala akibat tegang atau suhu tubuh yang dingin. Lakukan dengan cara kompres air hangat pada bagian-bagian punggung, kepala, leher, telapak tangan, dan beberapa bagian yang merasa dingin. Cara ini bisa juga dilakukan dengan mandi air hangat.

4. Minum susu hangat
Minum susu hangat bisa membuat tubuh menjadi relaks dan segar. Jika Anda sakit kepala hindari mengkonsumsi kopi atau teh. Dan sebagiknya ganti dengan minum susu hangat saja.

5. Lakukan pernafasan
Stres juga bisa menyebabkan tegangan di kepala, yang pada akhirnya akan menimbulkan sakit kepala. Jika demikian lakukan segara relaksasi, salah satunya yaitu dengan melakukan pernafasan. Lakukan dengan relaks dan tenang, menarik nafas, menahan, kemudian menghembuskan secara perlahan. Lakukan misalnya sampai 10 hitungan. Ulangi terus hingga pikiran dan tubuh merasa relaks.

Demikian 5 cara alami untuk mengatasi sakit kepala tanpa perlu obat.