Inilah Cara Menjaga dan Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Terbaik

Ingin menjalani cara dan gaya hidup sehat? Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini. Percaya deh, cara menerapkan gaya hidup sehat ini akan bisa meningkatkan kesehatan Anda. Yuk simak!

Cara Menjaga dan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

4 Point penting cara menjaga dan menerapkan gaya hidup sehat yang baik dan benar

Pilih makanan sehat
Memilih makanan yang baik, sehat, dan benar merupakan cara dan gaya hidup sehat. Lalu makanan apa saja yang baik dan benar itu? Berikut.

1. Pilih makanan yang mengandung jumlah minimal lemak tidak sehat. Lemak tidak sehat mencakup lemak trans serta lemak jenuh. Lemak ini akan meningkatkan kolesterol LDL Anda, dan kolesterol LDL sering berkorelasi dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

2. Makan lemak sehat dalam jumlah sedang. Lemak poli tak jenuh, mono-tak jenuh dan omega-3, semuanya merupakan gaya hidup yang baik yang dapat dijadikan pilihan. Lemak ini baik untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL Anda, yang berkorelasi dengan penurunan risiko penyakit jantung.

3. Pilih makanan yang rendah gula. Minimalkan konsumsi permen, minuman ringan, jus buah manis serta roti tawar. Pilih saja makanan sehat semacam buah-buahan segar, jus, serta roti gandum sebagai penggantinya.

4. Makan berbagai makanan yang berbeda secara keseluruhan bukannya makan makanan olahan. Makan buah-buahan dan sayuran untuk vitamin tinggi dan kandungan mineral. Pilih daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan tahu untuk kandungan protein mereka. Nikmati biji-bijian seperti roti, pasta gandum, beras merah.Baca juga, pola hidup sehat alami.

5. Makan produk susu rendah lemak. Susu skim dan mengurangi keju lemak akan mengurangi asupan lemak Anda sambil memastikan bahwa Anda menerima cukup kalsium.

Lakukan beberapa latihan
Gerak, olahraga, dan latihan, juga bekerja merupakan salah satu cara untuk menjaga hidup sehat. Sepertinya pernyataan tersebut sudah tidak bisa didebat lagi. Namun gerak seperti apa dan bagaimana aturan yang baik itu, yuk kita lihat.

1. Mulai dan menyelesaikan latihan Anda dengan peregangan. Peregangan akan pemanasan otot Anda sebelum Anda bekerja dan mengendurkan otot setelah Anda berolahraga.

2. Pergi ke gym 3 sampai 5 kali per minggu. Berolahraga selama setengah jam sampai satu jam, menggabungkan kedua program latihan kardio dan kekuatan.

3. Olahraga di sekitar lingkungan Anda. Lakukan jogging atau Jalan-jalan. Pastikan bahwa Anda bergerak pada kecepatan yang pelan lalu lakukan selama minimal 30 menit.

4. Nikmati kegiatan sehari-hari dengan rutin. Seperti berkebun dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Ddengan cara tersebut tubuh anda dapat berolahraga.

5. Parkirkan mobil Anda. Berjalan atau bersepeda ke tujuan Anda sebagai gantinya. Dengan cara demikian mudah-mudahan dapat menjaga gaya hidup sehat Anda.

Hindari kebiasaan tidak sehat
Cara dan gaya hidup sehat tidak terlepas dari beberapa hal yang mesti dihindari, berikut beberapa hal kebiasaan tidak sehat yang harus Anda hindari.

1. Hindari diet yo-yo. Setelah Anda kehilangan berat badan berkat gaya hidup ditingkatkan, kemudian bekerja keras untuk menjaga berat badan Anda, setelah itu Anda lalu memiliki gaya hidup yang buruk. Hindari hal demikian.

2. Jauhi diet fad. Hindari diet cair, pil diet dan suplemen diet lainnya kecuali jika Anda berada di bawah pengawasan dokter. Baca juga tips hidup sehat dengan cara alami.

3. Bekerja terlalu lama, terlalu sering atau terlalu banyak intensitasnya dapat meningkatkan risiko cedera. Pastikan untuk beristirahat dalam beberapa waktu antara latihan Anda.

4. Mengetahui bobot berat badan ideal Anda. Kelebihan berat badan atau terlalu kurus adalah tidak sehat. Konsultasikan dengan dokter Anda, lihat grafik berat badan Anda yang menunjukkan bobot yang ideal dengan usia.

5. Hindari merokok dan konsumsi alkohol. Kita sepakat ya bahwa merokok dan minum-minuman beralkohol adalah makanan yang dapat merusak kesehatan tubuh. So, untuk menerapkan dan menjaga agar gaya hidup Anda tetap terkontrol dengan baik, sebisa mungkin hindari kebisaan buruk ini.

6. Dapatkan tidur seimbang. Studi telah menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur cenderung lebih memiliki berat tubuh.

Ingat kebersihan
Ingat pola hidup sehat, ingat juga dengan kebersihan. Kebersihan diri dan lingkungan patut dipelihara jika Anda ingin mendapatkan kondisi yang sehat segala-galanya. Cara dan gaya hidup sehat berikut adalah dengan cara menjaga kebersihan badan. Apa saja itu?

1. Mandi setiap hari. Bahkan Anda dapat mandi kembali jika Anda telah melakukan suatu kegiatan yang telah membuat Anda berkeringat.

2. Sikat dan floss gigi Anda setiap hari. Flossing yang dilakukan secara reguler tidak hanya mencegah penyakit gusi, tetapi juga mencegah penyakit jantung.

3. Bersihkan kaki Anda. Pastikan untuk menggosok antara jari-jari kaki untuk mencegah kaki menjadi bau.

4. Selalu memakai pakaian bersih. Secara khusus, selalu mengganti pakaian dan kaus kaki sekali sehari.

Demikian informasi yang wajib Anda ketahui dan lakukan mengenai cara menjaga dan menerapkan gaya hidup sehat yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Anda sedang mencari: Cara dan gaya hidup sehat, Cara menjaga gaya hidup sehat, Cara menerapkan gaya hidup sehat