Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud. Telinga merupakan salah satu indra pada bagian tubuh kita. Fungsi utamanaya adalah untuk mendengar dan sebagai penjaga keseimbangan tubuh. Selain itu merupakan indikator suhu tubuh. Makanya jika kita berada diluar rumah terus ada angin besar, untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat maka telingalah yang akan ditutup oleh kain.

Untuk membersihkan telinga biasanya orang meggunakan cotton bud. Untuk mengeluarkan kotorannya adalah dengan cara memasukkan cottton bud ke dalam telinga kemdian bagian dalam telinga dikorek-korek, sekilas kegiatan ini membersihkan, namun caranya tidak menyehatkan, bahkan cenderung membahayakan.

Inilah alasan mengapa anda dilarang membersihkan telinga dengan memakai cotton bud.

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud
1. Telinga dapat membersihkan sendiri
Tidak seperti bagian tubuh yang lain, ternyata telinga dapat membersihkan dirinya sendiri, jadi tidaklah perlu untuk membersihkannya apalagi dengan terlalu sering. Pengunaan cotton bud pun tidaklah perlu karena akan merusak bagian dalam teliga.

2. Kotoran telinga menyehatkan
Dalam kotoran telinga terkandung zat anti bakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Jadi jangan mengaggnggap bahwa kotoran telinga yang dikeluarkan adalah kotor.

3. Cotton bud dapat merusak telinga
Dengan memasukkan cotton bud ke dalam telinga ini berarti sama dengan anda memasukkan bakteri ke dalam telinga serta mendorong lebih dalam kotoran. Sehingga menyebabkan kuman dan kotoran ikut masuk lebih dalam.

Didalam telinga terdapat gendang telinga, akan sangat berbahaya jika membersihkan telinga bagian dalam dengan sembarangan, jika tergores oleh cotton bud akibatnya bisa parah dan menimbulkan sakit telinga.

Membersihkan telinga boleh-boleh saja, namun unsur hati-hati harus selalu diterapkan. Demikian sekilas shrae mengenai bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud.