Cara Mudah Menghentikan Cegukan

Cara menghentikan cegukan sebetulnya sangat mudah. Jangan anggap remeh cegukan, karena selain tidak nyaman bagi si penderita ternyata sangat sulit untuk dihentikan. Walaupun banyak mitos maupun teori untuk menghentikan cegukan, namun tak sekedar hanya mitos belaka tapi beberapa diantarnya ternyata cukup ampuh untuk bisa mengentikan cegukan, lho!

Lalu apa yang dimaksud dengan cegukan? Apa penyebabnya dan bagaimana cara menghentikan cegukan?

Apa yang di maksud cegukan?

Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Tak pandang usia, mau dewasa ataupun anak-anak, bahkan bayi sekalipun pasti pernah mengalami cegukan. Cegukan dapat terjadi sewaktu kontraksi pada diafragma secara tiba-tiba. Diaftagma yakni otot yang memisahkan antara rongga dada dan perut yang letaknya dibawah paru-paru.

Cara Mudah Menghentikan Cegukan
Karena cepatnya kontraksi pada diafragma, maka dengan cepat pula udara yang tersedot kedalam. Hal inilah yang menyebabkan kotak suara yang tertutup akan mengeluarkan suara hik hik.

Penyebab cegukan

Banyak teori serta mitos yang berkembang mengenai penyebab cegukan. Yang jelas menurut pendapat teori serta mitos dikarenakan perut kembung yang disebabkan teralu cepat menarik nafas. Sedangkan menurut pendapat lainnya disebabkan karena stress, rasa cemas, minuman beralkohol, menghirup zat yang dapat menimbulkan iritasi alat pernafasan, terlalu banyak minum dan makan.

Cara menghentikan cegukan

Jika masih mengandalkan cara mitos adalah dengan cara si penderita dibuat kaget, seperti “kamu habis nyolong telur ya?" Sedangkan cara yang rasional untuk menghentikan cegukan adalah dengan cara meningkatkan kadar CO2 dalam aliran darah.

Cara yang lebih spesifiknya yaitu sebagai berikut, tahanlah nafas selama antara 10 hingga 20 detik, atau minumlah air dengan menahan nafas. Anda juga bisa melakukan bernafas dalam kantong yang terbuat dari kertas selam 20 hingga 30 detik, lari ditempat, atau melompat selama 30 detik.

Beberapa cara diatas biasanya ada yang berhasil, namun jika cegukan tak berhenti sampai 48 jam, saatnya Anda menemui dokter. Mungkin ada yang salah dengan tubuh anda. Demikian cara menghentikan cegukan dengan mudah.