Dampak dan Efek Negatif Obat Herbal Terhadap Kesehatan

Dampak dan efek negatif obat herbal. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap obat-obatan jenis herbal saat ini mulai meningkat. Anggapan obat herbal adalah obat alami dari alam dan tanpa ada efek samping jika dikonsumsi berkelanjutan jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia dari dokter.

Penggunaan obat herbal sebenarnya telah ribuan tahun yang lalu sebelum ada dunia kedokteran pada masa sekarang ini. Walaupun terbuat dari bahan alami namun mengonsumsinya tidak boleh sembarangan. Sama seperti obat kimia, jika penggunaannya tidak akurat dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Bukannya sehat malah sakitnya tambah parah serta memiliki efek negatif.

Perlu diketahui bahwa obat alami pun mengandung bahan kimiawi yang dapat mengakibatkan keracunan bagi tubuh. Jika makan obat herbal tidak sesuai jenis penyakit yang diderita maka akan meyebabkan sakit perut, muntah, rasa mual sampai pendarahan bahkan bisa sampai terjadi gagal ginjal, dan efek efek negatif lainnya dari obat herbal.

Dampak dan Efek Negatif Obat Herbal Terhadap Kesehatan

Beberapa jenis obat herbal yang memiliki efek negatif

Berikut ini Beberapa bahan alami yang dapat menyebabkan efek buruk dan negatif terhadap kesehatan jika Anda menggunakannya tanpa aturan.

1. Lidah Buaya
Digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kulit seperti jerawat juga untuk melancarkan pencernaan. Tapi jika dipergunakan dalam rentang waktu yang lama dapat menyebabkan arrhytmia (jantung berdetak) serta sakit perut.

2. Bawang putih dan Jahe
Efek negatifnya jika mengonsumsi secara berasamaan antar bawang putih dan jahe bersama sama dengan jenis obat untuk mengencerkan darah, maka pendarahan ditubuh akan meningkat.

3. Ginseng
Tanaman yang identik dengan kekuatan bagi pria ini berfungsi dalam peningkatan kekebalan bagi tubuh, mengontrol tingkat sters dan tekanan darah dan mempunyai zat anti penuaan, akan tetapi selain itu dampak negatit jika terus menerus mengonsumsi obat herbal ginseng akan menimbulkan insomnia, rasa cemas, sakit kepala, muntah serat diare.

4. Ekstra Pepaya
Jika mengonsumsi ekstra pepaya bersama-sama dengan berbagai macam obat untuk jantung, maka dapat berefek merusak bagi saluran pencernaan.

5.Enzim pepaya
Selain dapat menjadi penyebab diare jika dipakai terus menerus dapat menjadi penghambat pembekuan darah. Baca juga, cara mencegah dehidrasi saat diare.

Mengenai keterangan ini bukan berarti menjadikan keharusan untuk berhenti mengonsumsi obat herbal, namun kita diwajibkan mengetahui produk yang sesuai dengan penyakit. Lebih baik tanyakan sama ahlinya. Demikian semoga bermanfaat postingan mengenai dampak dan efek negatif obat herbal bagi kesehatan.