3 Cara Perawatan untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi terjadi ketika terjadi peradangan pada bagian tengah sensitif gigi, yang disebut pulp. Umumnya disebabkan karena gigi berlubang atau infeksi pada gusi. Berikut ini informasi tentang cara untuk menyembuhkan sakit gigi sendiri atau menentukan kapan saatnya untuk pergi ke dokter gigi.

Cara 1 Perawatan gigi sendiri

1.Hindari penggunaan obat penghilang rasa sakit.
Obat non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen, memang cepat meredakan dengan efektif untuk sebagian besar sakit gigi ringan. Gigi berdenyut akan menghambat acar Anda untuk makan, berbicara, dan bisa tidur.Jika terpaka gunakan hanya dosis yang dianjurkan yang tertera pada kemasan, atau dosis yang dianjurkan oleh dokter Anda.

2. Gunakan Kompres dingin
Isi tas penyimpanan makanan dengan es, tutup dengan kain tipis atau handuk, dan tempelkan langsung ke gigi atau area pipi di luar gigi. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit. Jangan gunakan es langsung ke gigi. Hal ini akan meningkatkan rasa sakit, terutama karena gigi meradang oleh sakit gigi seringkali sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

3. Jika Mati rasa
Beli saja Tylenol yang merupakan cara efektif lainnya karena mengandung over-the-counter yakni obat penghilang rasa sakit. yaitu gel untuk membantu meringankan berdenyut selama beberapa jam. Gel ini diterapkan secara langsung ke daerah yang sakit dan biasanya bekerja selama beberapa jam.

3 Cara Perawatan untuk Menyembuhkan Sakit Gigi

Cara Ke 2 Perawatan rumahan

1. Bersihkan mulut
Kadang-kadang sakit gigi disebabkan oleh potongan-potongan kecil makanan yang telah lama bersarang di gigi dan memperburuk rasa sakit gigi berlubang atau radang gusi. Ketika hal ini terjadi, benar-benar membersihkan mulut akan menghilangkan rasa sakit.

Floss dengan benang sekitar gigi. Pastikan benang mengenai ke gusi Anda. Sapulah bolak-balik melintasi gigi sehingga setiap partikel yang berdiam di sekitar gigi dapat keluar.

Sikat area gigi. Jika sakit Anda disebabkan oleh radang gusi, ini adalah salah satu cara terbaik untuk meringankan rasa sakit. Sikat gigi Anda selama beberapa menit, berkonsentrasi pada daerah yang menyakitkan. Terus menyikat sampai daerah tidak lagi merasa sensitif.

Bersihkan dengan menggunakan obat kumur untuk membersihkan kuman.Lakukan secara rutin ini dua kali sehari dan tetap menggunakannya setelah nyeri reda.

2. Menggunakan air garam.
Sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi ringan mungkin hilang dengan sendii. Untuk meredakan rasa sakit, buat larutan dengan menggunakan air hangat dan sesendok garam. Ketika garam larut, pakai untuk berkumur di sekitar daerah yang sakit. Ulangi beberapa kali sehari sampai nyeri reda.

3. Menggunakan Minyak cengkeh
Merupakan obat rumah yang dapat menyembuhkan atau setidaknya meringankan rasa sakit sakit gigi sampai hilang sendiri. Teteskan minyak pada gigi yang sakit, lakukan beberapa kali sehari sampai rasa sakitnya hilang. Minyak cengkeh dapat ditemukan di sebagian besar toko obat.

4. Cobalah teknik akupresur
Untuk menghentikan sakit gigi cepat. Dengan ibu jari Anda, tekan titik di punggung tangan Anda yang lain di mana pangkal ibu jari dan jari telunjuk bertemu. Tekanan selama dua menit. Dan ini akans membantu memicu pelepasan hormone endorfin.

Cara ke 3 Perawatan Medis

1 saatnya ke dokter
Jika sakit gigi disebabkan oleh infeksi atau kerusakan gigi, karena tidak akan sembuh dengan sendiri. Anda harus berkunjung dokter atau dokter gigi dengan ecepatnya untuk ditangani secara medis sebelum menjadi infeksi serius.

2 Menambal gigi
Jika Anda memiliki rongga yang mengekspos saraf gigi Anda dan bisa menimbulkan rasa nyeri, dokter gigi dapat memutuskan untuk menambal gigi untuk melindungi saraf.

3 Akar gigi terinfeksi
Jika Anda memiliki abses gigi, yang terjadi ketika pulp gigi terinfeksi, maka Dokter gigi akan membersihkan bagian dalam gigi untuk menghilangkan infeksi. Karena prosedur ini menyakitkan, mulut akan dibuat mati rasa dahulu dengan tindakan anestesi lokal terlebih dahulu.

4. Pencabutan gigi
Dalam beberapa kejadian gigi bisa diperbaiki, dan jalan terbaik adalah dengan mencabutnya.

Itulah ke 3 cara mengobati sakit gigi, namun sebelum terlambat kita harus mencegah sebelum datang penyakit, maka dari itu rajin-rajinlah gosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur, supaya terhindar dari yang namanya sakit gigi.