Inilah 6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh

Tanaman pengusir nyamuk. Bagi anda yang ingin mengusir nyamuk tidak harus memakai obat nyamuk berasap yang bisa membuat sesak nafas. Belum lagi dengan cara yang dibakar, sebab kalau lalai sedikit saja dapat menimbulkan kecelakaan yang besar.

Jangan memandang sebelah mata dengan keberadaan nyamuk. Sebab Orang bisa demam sampai meninggal hanya dengan sekali gigit saja. Baca juga, inilah sebabnya orang sering digigit nyamuk.

Lalu bagaimana cara mengusir nyamuk dengan cara aman serta alami? Orang-orang jaman dulu untuk mengusir nyamuk biasa dilakukan dengan cara mempergunakan tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk.

Karena kuatnya aroma bunga yang ditimbulkan oleh tanaman hias untuk mengusir nyamuk tersebut, dapat membuat nyamuk tidak mau mendekati. Bahkan, lotion anti nyamuk yang beredar di pasaran adalah memanfaatkan aromanya sebagai bahan pembuatan produk tersebut.

Tanaman pengusir nyamuk

Supaya tidak digganggu oleh nyamuk, bisa Anda coba cara yang alami untuk mengusir nyamuk. Caranya sangat mudah, Tanamlah jenis-jenis bunga berikut ini, dijamin nyamuk enggan untuk tinggal di sekitar Anda. Bunga apa sajakah itu? Berikut tanaman yang berkhasiat sebagai pengusir nyamuk.

Bunga lantana Tanaman pengusir nyamuk
Bunga Lantana
Di beberapa daerah, bunga lantana disebut juga dengan nama bunga tahi ayam, mengapa? karena aroma bunganya memang baunya seperti bau tai ayam. [wikipedia]

Walaupun begitu tapi ternyata mujarab juga untuk mengusir nyamuk lho. sangat mudah untuk merawat bunga ini, cukup ditanam di bawah sinar matahari langsung. Karena sifat bunga tahan terhadap panas sehingga cocok dengan sinar matahari, sehingga dapat dijadikan sebagai bunga taman.

Sereh
Tanaman yang biasa dijadikan bumbu untuk memasak ini atau biasa untuk menambahkannya kedalam minuman.. Memiliki aroma segar seperti buah lemon yang sangat menygarkan. Bahkan di pulau Bali tanaman ini sering digunakan ebagai tusukan untuk sate pentul, sehingga lebih istimewa aroma sate yang dihasilkan.

Dengan menanam sereh baik di kebun maupun di pekarangan atau samping rumah, akan membantu mengusir nyamuk, biarkan tumbuh dengan rimbun.

Kemangi
Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah Daun Kemangi. Kemangi banyak manfaatnya, kemangi dapat digunakan sebagai bumbu pada masakan, lalapan, serta digunakan sebagai aromatherapy yang sangat ampuh dalam mengatasi mual serta jerawat.

Nyamuk pun dijamin enggan untuk mendekat karena aroma yang ditibulkan angat kuat serta segar.Kemangi pun sangat tepat dijadikan salah satu tanaman hias yang multifungsi.

Daun mint
Daun mint pun mempunyai merupakan tanaman pengusir nyamuk yang cukup ampuh karena aroma yang pedas dan menyegarkan. Daun mint biasa dipergunakan sebagai tambahan aroma parfum serta aroma makanan atau permen, sehingga memberikan rasa segar dan dingin.

Dengan cara menanam di pot dan diimpann di ruangan padasaat malam hari. Supaya bisa berfotosintesis, maka pada pagi harinya jemurlah tanaman mint di bawah sinar matahari. Anda juga bisa melihat post mengenai khasiat daun mint.

Lavender
Tanaman dengan bunga yang berwarna ungu ini memang ampuh dalam mengusir nyamuk secara alami. Dengan aroma yang menyegarkan serta sangat khas, Letakkan disudut-sudut ruangan untuk membantu mengusir nyamuk.

Cengkeh
Sangat kuatnya aroma yang dimiliki cengkeh, menjadikannya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk secara efektif. Jika terkumpul dalam jumlah yang banyak, maka ia menjadi sepat serta berbau cukup tajam. Dengan menggantungkan beberapa butir cengkeh dengan kain kasa, mka nyamuk akan teruir.

Nah, itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk. Selain aman dan tidak ribet untuk mengusir nyamuk dengan cara alami, Anda pun sekaligus menghias rumah supaya terlihat lebih cantik alami.