6 Tips Ampuh untuk Mengobati Demam Dan Sakit Kepala

Tips cara mengobati demam dan sakit kepala. Demam terjadi ketika suhu tubuh lebih tinggi dari kisaran normal. seseorang disebut mengalami demam saat suhu tubuhnya lebih tinggi dari 99,5 derajat F, atau 37,5 derajat C. Dan orang dewasa mengalami demam ketika atau suhu tubuhnya melebihi 99-99,5 derajat F, atau 37,2-37,5 derajat C.

Demam pada dasarnya adalah gejala dari kondisi lain atau penyakit. Demam dapat terjadi ketika tubuh Anda sedang melawan infeksi, seperti flu. Alasan lain untuk demam adalah respon terhadap imunisasi pada anak-anak, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, penyakit inflamasi tertentu, gastroenteritis, gangguan autoimun, kanker, dan pembekuan darah. Perubahan mendadak dalam gaya hidup cuaca dan higienis juga dapat menyebabkan demam.

Beberapa gejala umum yang terkait dengan demam termasuk berkeringat, sakit kepala, sakit otot, dehidrasi, lemah, sedikit menggigil dan kehilangan nafsu makan. Demam adalah hal yang baik dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Tapi jika demam membuat Anda tidak nyaman, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumah sederhana dan mudah untuk mendinginkan tubuh dan membuat Anda merasa lebih baik.

Namun, jika demam melebihi 104 derajat Anda F, atau 40 derajat C, ini bisa menjadi sangat berbahaya. Selama situasi seperti ini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter

Berikut adalah tips cara alami mengobati demam dan sakit kepala.

6 Tips Ampuh untuk Mengobati Demam Dan Sakit Kepala
1. Air
Rendam kain dalam air dingin, peras dan kemudian usapkan pada daerah ketiak, kaki, tangan dan pangkal paha untuk mengurangi suhu. Anda dapat menempatkan waslap basah di dahi Anda dan bagian belakang leher. Cara ini akan sangat bermanfaat ketika demam tinggi karena dapat membantu menjaga suhu tetap stabil. Jangan gunakan air yang sangat dingin karena dapat menyebabkan suhu internal tubuh meningkat.

2. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel adalah obat lain sangat murah dan sangat efektif bagi demam. Cuka sari apel, selain merupakan makanan alami pembersih usus besar juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi demam dengan cepat karena asam di dalamnya membantu menarik panas dari kulit. Cuka sari apel kaya mineral dan membantu mengisi kembali mineral yang dikeluarkan dari tubuh karena demam.

Rendam kain lap dalam campuran cuka sari apel satu bagian dengan dua bagian air dingin. Peras dan letakkan di dahi dan perut. Setelah lap menjadi hangat, ulangi proesnya, Ulangi sampai demam telah berkurang.

3. Bawang Putih
Sifat hangat bawang putih juga dapat menurunkan demam tinggi, juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh dan mempercepat pemulihan. Bawang putih adalah antijamur dan antibakteri yang membantu tubuh melawan infeksi serta menangkal penyakit.

Masukan satu siung bawang putih ke dalam cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, saring dan minum perlahan-lahan. Minum ini dua kali sehari dan Anda akan kemudian minum, anda pun akan merasa jauh lebih baik pada keesokan hari.Baca juga, 8 khasiat dahsyat bawang putih.

4. Jahe
Jahe adalah agen antivirus dan antibakteri alami dan dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam infeksi. Sehingga jahe bisa mengurangi demam flu dan pilek.

Buatlah teh jahe dengan menambahkan satu-setengah sendok teh dengan jahe parut dan satu cangkir air mendidih, biarkan selama beberapa menit. Tambahkan beberapa madu dan menikmati teh ini tiga atau empat kali sehari.

Pilihan lain adalah untuk bercampur satu-setengah sendok teh jus jahe, satu sendok teh air lemon dan satu sendok makan madu. Minumlah tiga atau empat kali sehari sampai demam Anda hilang.

5. Putih Telur
Anda juga dapat menggunakan putih telur untuk mengurangi suhu tubuh yang tinggi saat demam. Dalam waktu setengah jam, putih telur dapat mennyerap panas karena demam dari kepala sampai kaki.

Pisahkan antara putih dan kuning dari 2 butir telur, kemudian kocok putih telur selama satu menit. Rendam handuk atau saputangan tipis dalam putih telur. Tempatkan saputangan tadi di telapak kaki.Kenakan kaus kaki untuk menjaga ciran telur tidak tumpah kemana-mana. Ketika kain sudah kering dan menjadi hangat, gantilah dengan yang baru.Ulangi sampai demam berkuran.

6. Kunyit
Kunyit juga telah terbukti dapat dijadikan obat untuk demam. Senyawa kimia yang disebut curcumin dalam kunyit mengandung antivirus ampuh, antijamur, antibakteri serta antioksidan. Hal ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan segala jenis infeksi. Hal ini pula akan membantu mencegah komplikasi dan mengurangi durasi demam.

Campurkan setengah sendok teh kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam dalam satu cangkir susu panas. Kemudian minum ramuan ini dua kali sehari untuk menyingkirkan gejala demam.

Selain cara diatas anda pun diwajibkan Minum banyak air dan jus jeruk untuk mencegah dehidrasi. Jangan gunakan air yang sangat dingin atau es pada tubuh. Istirahat total selama satu atau dua hari untuk memulihkan stamina. Mengkonsumsi banyak sayuran yang berdaun hijau.Hindari juga makan makanan yang didinginkan.Dan tentu saja hindari merokok serta minuman beralkohol.

Itulah tips cara alami mengobati demam dan sakit kepala, bila anda demam silakan dicoba. Baca juga tips cara mengobati demam dan sakit kepala yang lainnya.