Inilah 10 Manfaat Dahsyat Brokoli bagi Kesehatan

Brokoli adalah sayuran lezat. Brokoli dapat dijadikan berbagai aneka makanan seperti salad, kari dan sup. Dipasarkan brokoli bisa didapatkan dalam bentuk produk segar. Pada Brokoli hanya bagian Bunga dan batang yang dapat dimakan, sedangkan daunnya terasa pahit dan dibuang.

Sayuran menawarkan berbagai manfaat kesehatan, tidak terkecuali dengan brokoli [silahkan  baca juga, brokoli dan manfaat dahsyatnya]. Brokoli memiliki sejumlah besar nutrisi termasuk vitamin A dan C, asam folat, serat, kalsium, kalium dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Brokoli juga kaya akan sulfur dan beberapa antioksidan kuat. sayuran ini sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Berikut ini 10 manfaat brokoli bagi kesehatan :

1 Mencegah Kanker
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa brokoli membantu mencegah kanker. Menurut para peneliti di Linus Pauling Institute di Oregon State University, 'sulforaphane' senyawa yang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah kanker melalui mekanisme kompleks epigenetik.

Manfaat Dahsyat Brokoli bagi Kesehatan
Studi lain dilakukan di Johns Hopkins University menunjukkan bahwa brokoli dapat mencegah perkembangan tumor sebesar 60 persen dan membantu mengurangi ukuran tumor hingga 75 persen. Brokoli juga dapat menghambat pertumbuhan kanker kanker rahim, kanker leher rahim, kanker kulit, kanker payudara serta kanker prostat.Baca juga, makanan anti kanker.

2 Mengatur Tekanan Darah
Para peneliti di OHSU School of Medicine menemukan bahwa brokoli membantu mengatur tekanan darah. Sulforaphane, senyawa sulfur organik dalam brokoli, memainkan peran kunci dalam meningkatkan metilasi DNA, yang sangat penting untuk fungsi sel normal dan ekspresi gen yang tepat. Hal ini mengubah membantu mengatur tingkat tekanan darah. magnesium, kalsium dan kalium dalam brokoli juga membantu mengatur tekanan darah.

3 Menjaga Kesehatan Jantung
Pada Brokoli mengandung banyak potasium, vitamin C dan antioksidan, sehigga brokoli dapat meningkatkan kemampuan memompa darah, mengurangi kerusakan jantung akibat kekurangan oksigen dan menyediakan tingkat yang lebih tinggi dari bahan kimia jantung sehat selama kekurangan oksigen.

4.Detoksifikasi
Brokoli juga membantu tubuh Anda dalam proses detoksifikasi karena adanya fitonutrien seperti glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin. Fitonutrien ini memiliki efekk yang kuat pada proses detoksifikasi secara keseluruhan, termasuk aktivasi, netralisasi dan eliminasi kontaminan yang tidak diinginkan. isothiocyanates pada brokoli membantu mengendalikan proses detox pada tingkat genetik.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak
Brokoli memiliki Vitamin K yang befungsi dalam peningkatan fungsi kognitif serta meningkatkan kemampuan otak. Brokoli pun memiliki beberapa vitamin B yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan stamina mental dan memori. Brokoli juga dapat meringankan efek kelelahan mental dan depresi.

Mengandung tinggi kolin yang penting dalam pertumbuhan sel-sel otak baru serta hubungan saraf yang penting untuk fungsi kognitif dan memori yang baik. Choline bahkan dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

6 Menurunkan Berat Badan
Dengan memasukkan brokoli dalam menu diet Anda, maka berat badan akan lebih cepat turun.Dengan kandungan lemak yang rendah serta rendah kalori Juga, mengandung protein, mineral seperti kalium, magnesium dan mangan yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.Post terkait boleh dilihat, menurunkan berat badan dengan brokoli.

7 Memperlambat penuaan dini
Brokoli dapat membantu memperlambat proses penuaan dini. Kandungan Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dalam brokoli berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik kulit. Selain itu, mengandung beta-karoten dan vitamin E dan B-kompleks yang memberi cahaya alami dan menjaga kulit Anda muda. Brokoli juga dapat berperan sebagai tabir surya alami untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

8 Kesehatan Mata
Kombinasi unik dari nutrisi dalam brokoli membuatnya sangat bermanfaat bagi mata Anda. Kedua karotenoid, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam dalam brokoli yang penting bagi kesehatan mata. Brokoli merupakan sumber vitamin A yang memainkan peran penting dalam membentuk retina.

9. Membuat Tulang Sehat
Brokoli kaya kandungan kalsium dan vitamin K, menjadikan tulang sehat dan membantu mencegah osteoporosis.

10 Kesehatan Rambut
ika Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, konsumsilah brokoli, karena dalam brokoli terkandung vitamin seperti C, A dan B6 yang dapat membuat rambut Anda kuat dan halus.

Itulah 10 manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dan mempertahankan nilai gizi dari brokoli adalah dengan mengindari memasak terlalu matang.