Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat. Ginjal menyaring zat beracun dari darah, mengontrol kandungan air pada badan serta menolong pembentukan hormon. Bila tak berperan normal lagi, ginjal bakal alami rusaknya.

Seperti dikutip wikipedia, Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

8 Cara menjaga ginjal agar tetap sehat

Inilah 8 langkah cara merawat dan melindungi agar ginjal Anda tetap sehat.

1. Tetaplah Bugar serta Aktif

Berolahragalah untuk melindungi tekanan darah pada level normal serta menghindar penyakit Diabetes melitus. Penyakit itu yaitu pemicu paling besar gagal ginjal kritis. Menurut statistik, 30 % pasien cuci darah menanggung derita Diabetes.

2. Cermati Kandungan Gula Darah

Usahakan supaya gula darah anda ada dalam level yang stabil. Lantaran diabetes mengakibatkan kerusakan pembuluh. Ginjal terdiri atas beberapa ribu pembuluh yang meyakinkan zat beracun dikeluarkan dari badan. Manfaat ginjal menyusut saat pembuluh di dalamnya mulai alami kerusakan.

Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat
Ilustrasi: Cara menjaga ginjal agar tetap sehat


3. Ukur Tekanan Darah Anda dengan cara Teratur!

Tekanan darah tinggi yaitu pemicu paling besar ke-2 kegagalan ginjal. Bila pembuluh darah memperoleh tekanan tinggi dalam kurun waktu lama, ia akan rusak. Untuk menjaga kesehatan ginjal, tekanan darah yang maksimal sekitar dibawah 140/90 mm Hg. Jadi usahakan supaya tekanan darah anda senantiasa stabil.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat dengan buah-buahan, sayur serta serat pangan menghindari kegemukan serta rusaknya ginjal. Penyakit kegemukan umumnya diimbangi dengan tekanan darah tinggi serta Diabetes. Salah satu yang paling utama yaitu kurangi mengkonsumsi garam untuk hindari tekanan darah tinggi.

5. Cukup Minum

Cairan berbentuk air mineral diperlukan supaya ginjal dapat menyaring zat beracun dari badan manusia. Jumlah ideal yaitu 1, 5 sampai 2 liter /hari. Bila terlampau banyak, mengkonsumsi air jadi dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Jumlah itu disarankan untuk manusia dengan ginjal yang sehat. Pasien cuci darah sebaliknya mesti kurangi mengkonsumsi air mineral.

6. Berhenti Merokok

Rokok yaitu pembunuh pembuluh nomor wahid. Lantaran pembuluh didalam ginjal bertanggungjawab menyaring zat beracun, rokok bukan hanya mengakibatkan kerusakan pembuluh namun juga membunuh ginjal anda. So, berhentilah merokok mulai sekarang.

7. Jauhi Pain Killer!

Ginjal manusia bereaksi peka pada “konsumsi berlebihan” obat-obatan penahan rasa sakit. Pada ginjal yang pernah punya masalah, mengkonsumsi pain killer dalam periode waktu panjang dapat mengakibatkan rusaknya ginjal. Bila anda pernah alami sakit ginjal, usahakan konsumsi obat penahan sakit yang ramah pada ginjal.

8. Periksakan Ginjal Anda Dengan cara Rutin

Terlebih bila anda mempunyai resiko terserang gagal ginjal. Seperti umpamanya berumur diatas 60 th., menanggung derita Diabetes, tekanan darah tinggi atau kegemukan. Atau bila salah seseorang anggota keluarga paling dekat pernah menanggung derita rusaknya ginjal. Lewat tes urin serta darah, dokter bisa mendeteksi pelemahan manfaat ginjal dengan lebih awal.

Demikian semoga bermanfaat share mengenai cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

0 Response to "Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat"

Poskan Komentar