Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Makanan sehat untuk penderita batu ginjal. Batu ginjal adalah permasalahan kesehatan serius yang seyogyanya bisa meneror jiwa. Penyakit yang dalam arti medis dimaksud nephrolithiasis atau urolithiasis ini biasanya terkena oleh seputar 12 % laki-laki serta 5 % wanita pada umur 70-an th..

Direktur Endourology serta batu ginjal dari University of Maryland Baltimore Washington Medical Center, Dr. Julio Davalos memberi 4 langkah gampang untuk mengatasi penyakit batu ginjal, seperti :

1. Terus terhidrasi

Menurut Davalos, pemicu paling besar dari batu ginjal yaitu dehidrasi. Mineral makanan yang kita
Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal
mengkonsumsi seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, bakal mengkristal saat tak ada cukup cairan pada badan untuk mencairkannya.

" Cermati warna urin yang gelap karenanya adalah sinyal dehidrasi, " kata Davalos

2. Kurangi garam

Cobalah kalkulasi mengkonsumsi harian garam Anda. Apakah sudah sesuai sama yang direferensikan? Kenyataannya, umumnya orang rata-rata konsumsi garam sampai 5. 000 mg /hari. Walau sebenarnya batas mengkonsumsi gula, garam, serta lemak yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemkes) per orang /hari yakni 50 gr (4 sendok makan) gula, 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gr garam (1 sendok teh), serta untuk lemak cuma 67 gr (5 sendok makan minyak).

3. Kalsium

Davalos menyampaikan salah satu mitos paling besar perihal batu ginjal yaitu bahwa terlampau banyak susu, seperti susu, keju serta es cream. Walau sebenarnya sebagian besar batu ginjal disebabkan lantaran kalsium, namun menurut referensi dari National Institutes of Health, orang dewasa yang sehat juga butuh konsumsi kalsium. Kalsium yang direferensikan, 1. 000 hingga 1. 300 mg kalsium /hari. Tetapi, bila Anda mempunyai riwayat batu ginjal, dokter mungkin saja mereferensikan konsumsi kalsium yang lebih rendah dari seputar 800 mg.

4. Protein

Konsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas serta telur dapat juga tingkatkan asam urat pada badan, yang sudah dapat dibuktikan bisa mengakibatkan batu ginjal. Makanan ini dapat kurangi tingkat sitrat, zat kimia dalam urin yang bisa tingkatkan pembentukan batu ginjal.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus diperhtikan konsumsinya. Lantas makanan sehat apa yang baik untuk penderita batu ginjal? Baca juga, cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

 

0 Response to "Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal"

Poskan Komentar