Atasi Maag dan Asma dengan Temulawak

Atasi Maag dan Asma dengan Temulawak. Curcuma xanthorrhiza atau yang lebih di kenal dengan nama temulawak yaitu tanaman rimpang atau umbi akar yang mempunyai manfaat sebagai tumbuhan herbal (tumbuhan obat).

Tumbuh di dataran Maluku, Jawa serta Kalimantan, tanaman yang masuk dalam anggota jahe-jahean ini memiliki kandungan banyak senyawa kimia yang diperlukan badan.

Zat turmerol serta fellandrean yaitu sebagian salah satunya. Ada pada rimpang temulawak, ke-2 zat ini di kenal dengan minyaknya yang menguap.

Diluar itu, temulawak juga memiliki kandungan kurkuminoid yang terdiri atas desmetoksikurkumin serta kurkumin.

Kurkumin berperan sebagai acnevulgaris, anti radang (anti inflamasi) serta anti hipototoksik (anti keracunan empedu) serta menetralisir toksin, turunkan cholesterol, tingkatkan sekresi empedu serta banyak lagi).
Atasi Maag dan Asma dengan Temulawak

Dengan semua kandungan beberapa zat itu, kurkumin dipercaya bisa meredakan asma serta maag.

Asma bisa diobati dengan rimpang temulawak

Di bawah ini beberapa langkah memproses temulawak sebagai obat asma.

Siapkan satu 1/2 rimpang temulawak serta satu potong gula aren. Irislah tipis-tipis temulawak lantas keringkan. Temulawak yang kering di rebus dengan lima gelas air ditambah sepotong gula aren, sampai tersisa tiga gelas. Kemudian disaring serta siap diminum.

Temulawak sebagai obat maag

Maag atau biasa juga diakibatkan oleh kondisi asam lambung meningkat, bisa juga diatasi dengan bahan utama temulawak. Siapkan satu rimpang curcuma. Iris-iris, lalu diangin-anginkan sebentar. Setelah itu rebus rimpang dengan 5 hingga 7 gelas air hingga mendidih. Saring, lantas minumlah satu kali satu hari sejumlah satu gelas.

Selain mempunyai manfaat juga sebagai obat, untuk ibu yang mempunyai anak yang punya masalah dengan nafsu makan, temulawak dapat juga berkhasiat melakukan perbaikan permasalahan nafsu makan.

Langkahnya, siapkan dua rimpang temulawak, seperempat rimpang lengkuas, serta segenggam daun meniran.

Bila bahan di atas sudah siap, rebus seluruhnya bahan dengan tiga gelas air hingga mendidih, sampai tersisa dua gelas, lalu saring. Minum 1/2 gelas sejumlah 2 x satu hari. Demikian temulawak untuk mengatasi maag dan asma, semoga bermanfaat.

0 Response to "Atasi Maag dan Asma dengan Temulawak"

Poskan Komentar