Cara Mengolah Akar Alang-alang Menjadi Obat

Cara mengolah akar alang-alang menjadi obat. Bukan lagi menjadi rahasia, bahwa akar alang-alang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, terutama banyak digunakan untuk mengatasi panas dalam. Namun disamping itu, saya menemukan sebuah post bahwa akar alang-alang ternyata juga berkhasiat untuk mengobati penyakit-penyakit seperti ginjal akut, muntah darah, kencing nanah, dan mimisan.

Lalu bagaimana cara melakukan pengobatannya? Berikut ini cara melakukan/mengolah akar alang-alang mejadi obat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit sebagaimana disebut di atas.

Untuk sakit ginjal akut. Langkahnya yaitu dengan mempersiapkan alang-alang yang masih segar sejumlah 60 sampai 120 g, lalu potong akar alang-alang itu jadi kecil-kecil. Kemudian alang-alang dicuci hingga betul-betul bersih. Lalu rebus akar itu dengan air bersih dengan ukuran lebih kurang tiga gelas. Tunggulah sampai mendidih serta tersisa air menjadi satu gelas, angkat serta dinginkan. Saring air itu  dan pisahkan ampasnya serta minumlah dengan cara teratur 2 x satu hari supaya memperoleh manfaat dari akar alang-alang itu.

Cara Mengolah Akar Alang-alang Menjadi Obat
Alang-alang (wkipedia)

Alang-alang juga dapat untuk menyembuhkan muntah darah. Cara mengolah akar alang-alang menjadi obat untuk mengatasi muntah darah, sama juga dengan cara di atas.

Lalu alang-alang dapat dipakai juga sebagai obat untuk kencing nanah. Caranya yaitu bersihkan sebanyak tiga ratus gr akar alang-alang segar, lalu dipotong potong sekedarnya. Lalu rebus dengan air 2.000 cc serta tunggulah sampai bersisa sejumlah 1. 200 cc. Tambah gula batu seperlunya, minum ramuan itu tiga kali satu hari serta selama 10 hari.

Mimisan bisa juga diatasi dengan akar alang-alang. Caranya, bersihkan akar alang-alang lantas tumbuk serta peras airnya sampai terkumpul 100 cc minum air perasan tersebut. Cara lain yaitu dengan merebus 30 g akar alang-alang yang sudah dicuci bersih. Kemudian, minum air hasil rebusan akar alang-alang itu. Baca juga, mengobati mimissan dengan alang-alang.

Bagaimanakah pembaca? Sungguh banyak manfaat akar alang alang yang dapat dipakai untuk melindungi kesehatan. Dengan mengetahui cara mengolah akar alang-alang menjadi obat dengan benar di atas bakal menolong Anda untuk menangani sebagian penyakit serta hidup lebih sehat.

0 Response to "Cara Mengolah Akar Alang-alang Menjadi Obat"

Poskan Komentar