3 Langkah Tepat Menangani Menyelamatkan Korban Terkena Sengatan Listrik

Listrik yaitu salah satu sumber daya yang banyak faedahnya untuk kehidupan manusia, tetapi sumber daya apa pun, bila kita tak dapat mengaturnya, bisa menjadi bumerang, kita bisa saja celaka, misalnya tersengat oleh aliran listrik. Telah banyak berita mengenai korban yang tersengat serta alami luka bakar listrik lantaran kurangnya tepatnya perlakuan arus listrik itu.

Orang tersengat listrik lantaran bersentuhan segera dengan arus listrik. Badan manusia adalah media penghantar listrik (konduktor) terbaik, karenanya bila kita bersentuhan secara lagsung, mengakibatkan bakal tersengat listrik, bahkan juga beberapa ada yang hingga menderita luka bakar listrik.



Untuk perlakuan yang pas pada orang yang alami sengatan, di bawah ini 3 langkah untuk membantu meyelamatkan korban::

1. Pastikan arus listrik telah dimatikan
Saat sebelum mendekati korban, baiknya yakinkan arus listriknya. Bila masih tetap mengalir, baiknya segera matikan.

2. Jauhkan korban luka bakar listrik dari sumber listrik
Bila sumber listrik telah mati, segera saja jauhkan korban dari sumber listrik itu. Bila sumber listrik tak dapat dimatikan, pindahkan korban dengan memakai media yg tidak dapat menghantarkan listrik seperti sapu atau benda non konduktor yang lain, atau dapat dengan juga berdiri diatas karpet karet waktu memindahkannya.

3. Buka pakaiannya serta berikanlah siraman air
Bila telah aman dari sumber listrik, untuk perlakuan luka bakar listrik setelah itu yaitu dengan buka pakaian korban serta siramkan air supaya tubuhnya jadi dingin.

Sesudah 3 hal itu dikerjakan, langkah selanjutnya yaitu dengan menghubungi ambulan untuk mendapatk pertolongan dokter di rumah sakit.

Sengatan listrik memanglah cukup membahayakan, lantaran disamping mengakibatkan korban menderita luka bakar listrik, juga dapat menimbulkan korban jiwa jika tidak segera tertolong. Beberapa ada yang bikin korban sengatan listrik terpental serta terlempar, bila jauh serta tinggi, hal ini bakal mengakibatkan cedera badan yang lain, seperti patah tulang serta gegar otak.

Jadi, baiknya berhati hati dalam mengatasi listrik, supaya terlepas dari kecelakaan serta kerugian yang lain.

2 Responses to "3 Langkah Tepat Menangani Menyelamatkan Korban Terkena Sengatan Listrik"

  1. boleh juga nih tipsnya :) bisa membantu ketika orang lain terkena sengatan listrik :)

    BalasHapus