Buah Rambai, Ternyata Mantap Jika Dijadikan Olahan

Buah rambai, apa itu? Mungkin Anda tidak mengenalnya juga. Beberapa orang menganggapnya juga sebagai buah duku. Tetapi sesudah dicoba, nyatanya daging buahnya tidak semanis buah duku. Lantas beberapa orang lagi beranggapan bahwa ini yaitu buah menteng lantaran terasa manis-manis asam. Tetapi, saat dipandang dari pohonnya, nyatanya tidak sama sekalipun dengan pohon menteng. [wikipedia]

Lantas, buah apakah ini? Bila Anda pernah bertandang ke Sumatera atau Kalimantan, pasti Anda bakal biasa mendengar kata rambai. Ya, nama buah itu yaitu buah rambai atau baccaurea motleyana, nama ilmiahnya. Buah ini tumbuh subur di lokasi Asia Tenggara seperti di Indonesia, Malaysia, serta Thailand.

Tidak cuma bisa dikonsumsi secara langsung, buah yang rasanya manis asam ini bisa digunakan jadi beragam olahan makanan atau minuman, lho. Ingin tahu apa sajakah khasiat buah rambai? Di bawah ini sebagian contoh olahan dari buah rambai.

Buah Rambai, Ternyata Mantap Jika Dijadikan Olahan

Sebagai bumbu pengganti asam

Di daerah Pulau Bangka Belitung, buah rambai umum dipakai untuk kombinasi masak ikan. Rasa sensasi manis digabung dengan sensasi segarnya rasa asam pada buah yang mempunyai diameter rata-rata dua sampai lima cm ini digunakan juga sebagai pengganti buah asam.

Dibuat jadi manisan

Buah khas di daerah tropis ini dapat juga digunakan jadi manisan buah. Rambai memanglah pas untuk dibuat menjdi manisan lantaran teksturnya yang empuk serta terasa asam manis. Langkahnya, dengan merebus daging buah sampai masak lantas di rendam dengan air gula. Manisan ini bisa awet sampai berminggu-minggu bila disimpan di almari es.

Dibuat jadi selai

Buah Rambai yang memiliki rasa yang asam manis ini, sangat pas jika dijadikan selai seperti selai strobery atau selai bluberi. Juga sebagai pengagum selai, tidak ada kelirunya memakai buah ini juga sebagai selai. Langkahnya cuma dengan menghaluskan daging buah ini dengan jus, bila mau lebih praktis, lantas dipanaskan sampai jadi selai yang nikmat. Anda dapat juga mencampurkan gula atau madu seperlunya dan memberikan satu sampai dua sendok makan juice lemon supaya rasa selai lebih enak.

Demikian sebagian khasiat buah rambai yang bisa di buat jadi olahan yang lebih nikmat dan mantap. Selamat coba.

0 Response to "Buah Rambai, Ternyata Mantap Jika Dijadikan Olahan"

Poskan Komentar