12 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. (wikipedia)

Berikut 12 cara mudah untuk menurunkan kolesterol secara alami dan aman tanpa obat. 

Cara Mudah Turunkan Kolesterol

1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga adalah langkah mudah untuk turunkan kolesterol dengan hasil yang baik serta bisa melindungi kesehatan jantung. Olahraga teratur minimum 30 menit sehari-hari serta bisa menolong membakar lemak dan kalori.

2. Berjalan-jalan

Jika tak punya kebiasaan dengan olahraga dengan cara teratur, Anda bisa menggantinya dengan berjalan-jalan. Berjalan-jalan adalah langkah yang sangatlah gampang, menyehatkan, serta irit lantaran cuma memerlukan sepasang sepatu. Latihan aerobik tiap-tiap pagi bisa berguna untuk turunkan kandungan kolesterol yang hasilnya bisa mencegah dari beragam penyakit beresiko seperti stroke, penyakit jantung, turunkan berat tubuh, melindungi tulang terus kuat.

3. Kurangi konsumsi karbohidrat

Kurangi konsumsi karbohidrat serta konsumsi makanan yg tidak mempunyai banyak kandungan lemaknya adalah salah satu langkah turunkan kolesterol yang efektif.

4. Konsumsi lemak tak jenuh

Badan cuma memerlukan sedikit lemak dalam pola makan sehari-hari, seputar 25% s/d 35% dari konsumsi kalori sehari-harinya. Type lemak yang dibutuhkan oleh badan yaitu lemak tidak jenuh, yang bisa diketemukan di kanola, zaitun, serta minyak safflower, dsb. Lemak tidak jrnuh ini berguna untuk turunkan kandungan kolesterol jahat atau LDL serta dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Lemak jenuh bisa diketemukan dalam mentega serta minyak kelapa sawit. Lemak jenuh ini bisa tingkatkan kolesterol jahat atau LDL. Walau bagaimanapun, lemak memiliki kandungan kalori serta sebaiknya makan seperlunya saja.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok merupakan langkah yang paling baik untuk Anda kerjakan dalam turunkan kandungan kolesterol dalam darah. Tembakau beresiko untuk kesehatan, karena tembakau bisa tingkatkan tekanan darah dan detak jantung.

6. Teh hijau

Kandungan Theanine yang ada dalam teh hijau bisa tingkatkan kolesterol baik. Konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari-hari bisa melindungi kandungan kolesterol dalam darah.

7. Konsumsi buah sitrus

Buah sitrus, seperti lemon, jeruk manis, jeruk nipis, serta buah-buahan yang lain yang banyak terkandung zat pectin. Zat pectin adalah type serat yang bagus untuk turunkan kolesterol dalam darah. Buah-buahan sitrus kaya kandungan antioksidan yang bisa menguatkan dinding arteri.

8. Tomat

Dengan cukup konsumsi 2 gelas jus tomat sehari-harinya, hal semacam ini bisa berguna untuk turunkan kandungan kolesterol.

9. Jauhi stres

Stres bisa tingkatkan tekanan darah makin tinggi hingga menaikkan resiko aterosklerosis, yang berlangsung saat plak kolesterol menumpuk didalam pembuluh arteri. Dalam satu riset menunjukkan bahwa sebagian orang, stres mungkin saja bisa segera tingkatkan kandungan kolesterol dalam darah, bahkan bisa bertambah dengan cara yang mencolok. Untuk mengatasi stres yang tengah dihadapi, Anda bisa membaca artikel mengenai cara menyingkirkan stres yang bertebaran di internet.

10. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat turunkan kolesterol. Buah yang berupa bulat lonjong serta bewarna hijau itu adalah salah satu buah yang bisa tingkatkan kandungan kolesterol baik.

11. Kedelai

Konsumsi kedelai atau beberapa produk yang memiliki bahan dasar kedelai bisa turunkan kandungan kolesterol dalam darah. Konsumsi kedelai sehari-hari di kenal bisa kurangi kolesterol dan bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

12. Kontrol gula darah

Gula darah yg tidak termonitor dengan baik, bisa mengakibatkan meningkatnya resiko terserang penyakit jantung.

Itulah 12 cara mudah menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda. So, sudahkah Anda konsisten melakukannya?

0 Response to "12 Cara Mudah Turunkan Kolesterol"

Poskan Komentar