6 Fakta Mengejutkan dari Khasiat Air Liur yang Belum Anda Tahu

Mengulas tentang air liur atau air ludah yang tentu telah sangatlah tak asing dengan kebanyakan orang didunia ini. Air liur atau saliva adalah cairan yang ada didalam mulut yang dihasilkan oleh kelenjar air ludah.

Mungkin saja beberapa orang berasumsi bahwa ludah yaitu suatu hal yang sangatlah menjijikkan, namun dengan cara ilmiah terdapat banyak khasiat yang hebat dari air ludah yang belum diketahui beberapa orang, mungkin termasuk Anda.

Penasarankan? apa sajakah sih khasiat dari air liur itu? mari simak dengan cermat berikut ini!

Fakta Mengejutkan dari Khasiat Air Liur yang Belum Anda Tahu

1. Menghindari rusaknya gigi
Air liur memiliki kandungan zat polin, Polin yaitu zat yang sangatlah berguna untuk gigi. Polin juga merupakan bagian dari protein yang mempunyai manfaat untuk membuat perlindungan terhadap enamel gigi. Intinya dengan kehadiran polin ini, rusaknya pada gigi berlubang dsb bisa dijauhi.

2. Bisa mengobati luka
Semasa kecil jika tangan kita terserang sayatan pisau serta berdarah, umumnya dengan cara automatis anda bakal menghisap tangan yang terluka itu. Itu dia! Air liur dengan cara ilmiah juga mempunyai zat histatin yang bisa menolong sistem pengobatan pada luka. Histain sendiri adalah zat yang didapat dari protein yang dihasilkan oleh air liur. Luka bakal cepat sembuh jika terserang histatin, lantaran histatin bisa membunuh bakteri pada luka kita, hingga hal itu bisa menghindari luka pada infeksi.

3. Bisa menyingkirkan jerawat
Mungkin saja tidak banyak orang yang mengetahui bahwa air liur bisa mengobati jerawat. Air liur bisa jadi obat yang ampuh untuk menyingkirkan jerawat. Langkahnya cukup gampang, yaitu dengan cukup memoleskan air liur terhadap jerawat Anda, lakukan tiga kali sehari.

4. Melindungi lambung
Air liur mempunyai kandungan mukosa yang terbagi dalam mukopolisakarida serta glikoprotein. Zat inilah yang mempunyai enzim anti bakteri yang bisa membuat perlindungan lambung dari sekresi asam lambung serta enzim pepsin pencernaan.

5. Menolong sistem pencernaan
Air liur memliki banyak khasiat, satu diantaranya bisa menolong sistem percernaan makanan. Air liur sendiri bertindak juga sebagai penggerak makanan dari mulut menuju tenggorokan, sampai menuju pada lambung.

6. Memperoleh sel DNA
Walau air liur tidak bisa memiliki kandungan sel DNA, namun dari air liur beberapa sel susunan mulut bisa didapat.

Lihat demikian banyak khasiat air liur pada mulut kita. Jadi mulai saat ini kita mesti bisa melindungi serta perduli dengan produksi air liur kita.