Kiat Hadapi Anak Demam yang Efektif dan Praktis

Pertama jangan panik, ikuti kiat menghadapi anak demam berikut ini. Demam atau suhu badan yang tinggi (lebih 37. 5 derajat celcius), termasuk juga dalam keadaan yang kerap dihadapi anak. Demam sendiri sesungguhnya bukanlah penyakit, tetapi tanda-tanda dari keadaan spesifik, terlebih infeksi.

Beberapa pakar yakin demam tak membutuhkan obat lantaran demam adalah mekanisme alami pertahanan badan melawan infeksi atau zat asing dari luar. Disamping itu, demam sebagian besar berlangsung tanpa ada infeksi.

Demam dapat juga memberikan indikasi kekebalan badan anak berlangsung baik. Ketika demam, ini berarti badan tengah melakukan pertahanan diri.

Kiat Hadapi Anak Demam yang Efektif dan Praktis

Penyembuhan demam sangatlah bergantung pada pemicunya. Umpamanya, antibiotik cuma diberikan bila demamnya dikarenakan oleh infeksi bakteri.

Obat demam yang cukup aman diberikan pada anak yaitu parasetamol maupun ibuprofen. Masing-masing obat mempunyai keunggulan serta kekurangan. Pakai dosis yang pas supaya efektif hasilnya.

Disamping pemberian obat, kompres sejak lama di kenal juga sebagai cara efektif untuk menurunkan panas. Walaupun demikian, mengompres anak dengan air dingin atau es batu baiknya tak dipakai lantaran berbentuk kontraproduktif.

Kompres es malah bakal menaikkan suhu badan. Pasalnya, air dingin bakal mengakibatkan pembuluh darah di kulit mengecil. Mengakibatkan, panas yang semestinya dialirkan oleh darah ke kulit supaya keluar badan jadi terhambat, serta badan jadi tambah panas.

Kompres hangat sangatlah pas dipakai untuk turunkan demam. Air hangat bukannya menaikkan suhu badan jadi lebih hangat, namun malah bakal menyerap panas dari badan hingga dapat turunkan demam. Suhu air yang dianjurkan untuk kompres hangat yaitu seputar 40-50 derajat celcius.

Sekarang ini di pasaran juga tersedia banyak kompres moderen yang lebih praktis, misalnya yaitu Hansaplast dengan tehnologi Advanced Hydro-Gel yang diklaim dapat menyerap panas badan lewat sistem penguapan. Sistem ini berikan dampak sejuk pada anak.

Kompres demam moderen itu bisa ditempelkan pada kening atau bagian kepala, dibawah ketiak, bisa juga di lipatan paha. Kompres sejenis ini dapat disimpan di suhu ruang, walaupun penyimpanan di almari es diijinkan.

Perlakuan lain waktu anak demam yaitu cukup minum supaya anak tak kekurangan cairan. Istirahatkan anak agar badannya mempunyai ketahanan untuk melawan infeksi dengan baik.

Pada anak, demam yang diimbangi dengan tanda-tanda lemas, batuk, tenggorokan sakit, nafsu makan menurun, sakit pada telinga, muntah, serta diare, mesti diwaspadai. Bawalah anak ke dokter bila suhu badannya lebih dari 40 derajat, terlebih bila anak berumur kurang dari 4 bln..

0 Response to "Kiat Hadapi Anak Demam yang Efektif dan Praktis"

Poskan Komentar