Khasiat Jeruk Nipis: Dari Atasi Demam Hingga untuk Bau Ketek

Jeruk nipis memiliki kandungan banyak asam sitrat, hingga 7, 6 %. Juga dijumpai ada damar, lemak, mineral, vitamin B1 serta vitamin C. Disamping itu jeruk nipis juga memiliki kandungan minyak terbang, diantaranya sitral, limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, serta linalin asetat.

Rasa jeruk nipis yang asam dapat juga menolong bersihkan nikotin yang ada pada gigi serta mulut orang yang suka merokok.


Kegunaan
Disamping khasiat diatas, banyak manfaat jeruk nipis yang lain. Diantaranya untuk disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/vertigo, nada serak, batuk, bau tubuh, menaikkan nafsu makan, menghindar rambut rontok, sakit kepala/pusing mendadak, ketombe, flu, demam, terlampau gemuk (air buahnya), hentikan rutinitas merokok, amandel. penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya).

Pemanfaatan
Disentri, ambeien, mencret : akarnya di rebus sepanjang kurang lebih 1/2 jam, lalu disaring, airnya diminum.

Demam.
Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2 hingga 4 gelas air. Pakai air rebusan ini untuk mengompres. Langkahnya dengan membersihkan kain pada air rebusan serta diperas, lantas ditempelkan pada dahi.

Batuk kronis
Peraslah satu buah jeruk nipis tua. Ambillah air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali satu hari. Langkah lain untuk menyembuhkan batuk adalah dengan memanggang jeruk nipis sebentar diatas api sampai diprediksikan air didalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar sampai buah jadi suam-suam kuku (menghangat), iris buah jeruk nipis itu, lantas segera peras ke mulut sampai mengalir ke tenggorokan. Resep ini bisa juga digunakan untuk mengobati flu.

Sakit tenggorokan : Getah batang ditambah dengan sedikit garam bisa dipakai juga sebagai obat.

Penyakit Kurang Darah
Siapkan bahan-bahan seperti berikut: daun bayam duri 25 lembar, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, dan daun tapak liman 10 lembar. Bersihkan daun bayam serta daun tapak liman, lantas ditumbuk serta di ambil airnya. Air itu digabung dengan kuning telur, jeruk nipis, serta madu. Aduk hingga rata serta diminum 2 kali satu hari.

Hentikan kebiasaan merokok
Isaplah seiris jeruk nipis. Terasa yang asam fresh bikin Anda terangsang untuk minum air putih. Kerjakan beberapa kali dalam satu hari. Langkah tersebut disamping berkhasiat dapat mengurangi hasrat untuk merokok, juga bermanfaat untuk membantu bersihkan nikotin yang menempel pada gigi serta mulut.

Bau ketiak yang tidak enak
Siapkan jeruk nipis yang digabung kapur sirih. Sesudah mandi, gosokkan kombinasi ini pada ketiak serta biarkan sebentar beberapa saat sebelum dibilas. Kerjakan hal ini pada pagi serta sore hari. Manfaat lain Perasan jeruk nipis yang digabungkan ke pada minuman teh, disamping bisa beri kesegaran badan, juga dapat membuat lancar keluarnya air kencing. http://tips-kesehatan.net/

0 Response to "Khasiat Jeruk Nipis: Dari Atasi Demam Hingga untuk Bau Ketek"

Poskan Komentar