Cara Menyeduh Kopi Hitam yang Benar Agar Nikmat

Bagaimana sih cara menyeduh kopi hitam yang benar itu, agar rasanya lebih nikmat? Saya bukan maniak kopi, tapi jika minum kopi serasa gimanaa gitu! Mungkin boleh dikatakan sebagai penyuka kopi saja.

Nah kemudian saya mencari referensi bagaimana untuk membuat kopi yang diseduh itu bisa terasa nikmat? Banyak sudah yang share ternyata, tapi saya menemukn beberapa poin utamanya.

Cara Menyeduh Kopi Hitam yang Benar Agar Nikmat

3 poin penting cara menyeduh kopi agar lebih nikmat

Cara menyeduh kopi hitam agar lebih nikmat adalah sebagai berikut. Poin pertama terletak pada air yang digunakan.Katanya air Amidis bisa menambah kopi lebih nikmat terasa jika diseduh. Air mineral lah intinya yang digunakan.

Poin yang kedua, ada pada kopinya itu sendiri. Mesti segar dan baru. Tapi bagaimana ya jika kopi sudah dalam bentuk sachet? Its point bisa kita lewatkan.

Poin selanjutnya ada pada rasio antara kopi dan air. Perbandingan yang katanya nikmat adalah 1/15. Satu bagian kopi untuk 15 bagian air. Jika kita punya kopi 20 gram, maka air yang kita pakai sekitar 300 ml. Prinsip ini dipercaya akan mengeluarkan rasa dan karakter kopi lebih optimal. Tapi ini juga sesuai selera, yang penting jangan terlalu cawerang (kebanyakan air), dan jangan juga terlalu kental.

Demikian cara mudah menyeduh kopi agar nikmat, semoga bermanfaat ya! Baca juga, cara minum kopi dengan efek samping minimal.

4 Responses to "Cara Menyeduh Kopi Hitam yang Benar Agar Nikmat"

  1. Itu untuk semua jenis kopi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk poin 1 dan 2 mungkin ya, tp entahlah untuk yg ke-3 gan.. :)

      Hapus
  2. Wah tips yang bermanfaat sekali gan, kalau saya biasanya kopi panas ane kasih ke deket kipas selama 10 menit baru ane minum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... dingin dong. katanya nyeruput kopi enakan masih panas-panas ka....

      Hapus