1001 Khasiat Air Kelapa yang Wajib Anda Ketahui

Jika sebelumnya pada postingan di sini adalah mengenai 19 khasiat terdahsyat air kelapa. Nah saat ini akan saya share mengenai manfaat hebat air kelapa yang lainnya. Artikel ini sebetulnya saya temukan dari postingan di facebook. Dari pada hilang dan mubazir lebih baik saya share ulang aza dimari, biar banyak yang tahu. Saya doakan kpada penulis utamanya semoga mendapat pahala yang setimpal.

Yup, judulnya saya rubah saja menjadi 1001 khasiat air kelapa yang wajib Anda ketahui. Tidak menngapa, yang penting masih memiliki makna sesuai isi artikel berikut, yaa walaupun sedikit hiperbolis :)
 
Tahukah anda jikaAir Kelapa Muda Baik untuk dikonsumsi, jika selama ini anda berpikir kalau air kelapa muda hanya dapat menghilangkan dahaga di saat anda kehausan. Berikut ini ada sedikit ulasan dari manfaat air kelapa muda yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Air buah nyiur ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh ada di air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Layak memang, bila setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco. Di Indonesia, air kelapa digunakan sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco.

Apa saja manfaat air kelapa?


a. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.



b. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

c. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

d. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

e. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk g4irah seksual berlebih.

f. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

g. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

h. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Nah, selain itu ada lagi nih jenis air kelapa yang dikenal dapat menetralkan racun, dia adalah Kelapa ijo. Kelapa ijo ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti: panas dalam, sembelit, penetral racun, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa ijo bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit (anti aging) dan bila digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban. Selain itu, kelapa ijo juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa ijo, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi, insya Allah suara akan menjadi lebih panjang dan merdu.

5 Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil


kelapa muda hijauDi kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda– terutama di trimester ketiga kehamilan–maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

Apakah betul demikian?



Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.

1. Elektrolit Alami

Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Diuretik Alami

Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Antipenyakit

Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.
4. Membantu Pencernaan

Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.
5. Meningkatkan HDL

Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Bila Anda tidak bisa mendapatkan air kelapa yang segar, kini telah tersedia air kelapa murni dalam kemasan siap minum yang dapat dibeli di supermarket.

Mampaat lainya air kelapa


1. Sebagai isotonic alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, sangat bermanfaat untuk Rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
2. Sebagai Diuretik Natural yang steril, memperlancar Air Seni dan membantu membersihkan saluran kemih mengeluarkan zat-zat toksin tubuh.
3. Sebagai Anti penyakit
4. Membantu pencernaan
5. Meningkatkan HDL karena tidak mengandung lemak dan kolesterol
6. Menghindari jerawat, kerutan dan penuaan dini
7. Mengatasi racun pada tubuh manusia
8. Untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil
9. Menjaga agar tubuh tetap sejuk dan berada pada suhu yang tepat
10. Membantu mengatasi batu ginjal dan batu di saluran kencing
11. Minuman alami untuk bayi yang menderita gangguan usus
12. Kandungan saline dan albumen di dalamnya membantu mengatasi kasus kolera
13. Mempertahankan kadar cairan alami tubuh
14. Efek elektrolit dari air kelapa membantu penyerapan obat serta memudahkan masuknya obat ke dalam aliran darah
15. Air kelapa bisa menjadi pengganti plasma darah karena steril, tidak menghasilkan panas, tidak merusak sel-sel darah merah serta bisa langsung diterima oleh tubuh
16. Cocok dikonsumsi sebagai minuman alami saat sedang menenangkan diri, meditasi, mengemudi, makan, berlari, aerobik, bekerja, berolahraga, atau jenis aktivitas lainnya
17. Membantu tubuh melawan virus penyebab flu, herpes, dan AIDS
18. Membantu mencegah osteoporosis
19. Membantu mengontrol diabetes
20. Menguatkan kesehatan fungsi tiroid
21. Membantu membunuh parasit Giardia Lamblia
22. Sumber energi cepat.
23. Meredakan stres pankreas dan sistem enzim tubuh.
24. Membantu mengtasi penyakit kandung empedu
25. Membantu mengatasi infeksi jamur Candida
26. Mencegah pertumbuhan mycoplasma.
27. Jika anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain air kelapa
28. Mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung
29. Memperbaiki sirkulasi darah
30. Membantu mengatasi eksem dan kulit pecah-pecah
31. Sebagai obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada tangan dan kaki
......
1001. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu, dapat menyembuhkan dan melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kulit mengering dan wajah menjadi lebih berseri



Kelebihan, Kegunaan; Manfaat Air Kelapa Buah Bagi Kesehatan Manusia


Sesuatu yang alami yang ada di sekitar kita biasanya suka kita remehkan dan acuhkan, padahal sesuatu yang biasa itu belum tentu tidak bermanfaat bagi kita. Jika diteliti sesuatu yang alami biasanya terkandung berbagai kandungan yang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Buah kelapa adalah buah yang tidak lagi asing di telinga kita karena hampir setiap hari kita mungkin berhubungan dengan hasil dari tanaman kelapa secara langsung maupun tidak langsung. Buah kelapa memiliki banyak khasiat atau kelebihan yang di antaranya yaitu :

1. Membantu mengeluarkan dan memecah batu ginjal yang ada pada tubuh kita secara alami.
2. Dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.
3. Dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah.
4. Mengobati gangguan kencing pada gejala susah buang air kecil.
5. Membantu mengatur tekanan darah serta fungsi organ jantung.
6. Meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
7. Menghilangkan mabuk perjalanan darat, laut dan udara.
8. Tidak mengandung kolesterol dan tidak banyak lemak.
9. Dapat membantu mengobati jerawat dan gangguan kulit lain bila diusap (kelapa ijo).
10. Memiliki nutrisi lebih daripada susu penuh.
11. Dapat diolah menjadi berbagai produk bernilai tinggi.
12. Membantu meredakan/menyembuhkan sembelit dan penyakit/gangguan pencernaan.
13. Membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain
14. Sebagai obat luka, gatal-gatal eksim, kulit pecah-pecah, dll.
15. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya mulai dari air, buah, daun, batang, akar, dan sebagainya.

Demikianlah mudah-mudahan bermanfaat ya artikel mengenai air kelapa ini. Saya harap Andapun mensharenya, semoga Allah memberikan pahala kepada siapapun yang mau berbagi ilmu. Aamiin...

0 Response to "1001 Khasiat Air Kelapa yang Wajib Anda Ketahui"

Poskan Komentar