Heboh, 101 Manfaat Cacing Tanah yang Perlu Kamu Ketahui

Anda tentu tahu cacing tanah, atau dalam bhs umum dimaksud Oligochaeta. Cacing yang masuk kedalam kingdom Animalia ini menggunakan hidupnya didalam tanah dengan mengonsumsi bahan organik hidup serta mati. Beberapa orang-orang berasumsi cacing hewan menjijikkan, tetapi saat ini banyak yang branggapan sebaliknya lantaran cacing tanah dapat menyuburkan tanah petani, serta dapat dipakai sebagai obat.

Konon di mesir, pada saat Cleopatra dahulu, orang-orang kuno berasumsi cacing tanah sebagai makhluk suci. Tidak sama di Yunani, cacing tanah, oleh Socrates disebut sebagai ususnya tanah. Sedang di Indonesia sendiri terutama di tanah merah Madura, orang-orangnya kerap memburu hewan ini untuk di proses jadi ramuan obat.

Kenyataannya, beberapa peniliti malah begitu tertarik untuk membuat penelitian berkaitan manfaat dari cacing tanah ini. Riset itu telah di kerjakan sepanjang kurun saat sekitaran 50 th., serta mereka temukan kalau ada cairan selom cacing tanah yang memiliki kandungan lebih 40 type protein.

Sedang makan mie seperti cacing ya hehe

Protein yang di punyai cacing tanah tidak sama dengan manusia dalam soal manfaat perlindungan badan dari mikrobakteria. Sistem kekebalan badan manusia kerap dimaksud antibiotic, tetapi pada cacing tanah ini dimaksud antimikroba. Apa ketidaksamaanya? Mekanisme antimikroba cacing tanah dapat untuk membunuh mikroba itu tanpa mengakibatkan kerusakan jaringan badan.

System kekebalan badan cacing tanah bikin sitoplasma sel bakteri terkapar dengan keadaan luar serta mengganggu sistem internal sel bakteri itu serta mengakibatkan kematian bakteri dari dalam. Sedang sistem kekebalan badan kita butuh mengakibatkan kerusakan jaringan badan untuk membunuh mikroorganisme bakteri spesifik. Oleh karenanya bila di banding, sejatinya sistem kekebalan badan cacing tanah lebih 'canggih' dari pada antibiotic yang diketemukan selama ini.

Disamping itu, cacing tanah juga mengandung asam amino dengan kandungan yang cukup tinggi. Cacing tanah type rubellus yang umum jadikan obat mempunyai kandungan protein sekitaran 76 %. Kandungan itu lebih tinggi dari pada kandungan protein pada daging mamalia seperi sapi yang sekitaran 65 %, serta di banding protein ikan sejumlah 50 %.

Cacing tanah termasuk juga hewan yg tidak mempunyai tulang belakang atau umum (invertebrate). Hidupnya dalam tanah yang gembur serta bersuhu lembab. Cacing tanah disamping mengandung banyak protein sampai 76 % juga mengandung nutrisi yang lain yang diperlukan badan seperti asam amino sejumlah 17 %, karbohidrat 45 %, dan kandungan lemak serta abu yang cuma 1, 5 %.

Sebagian type cacing yang biasanya banyak digunakan oleh manusia : type Eisenia Feitida, Lumbricus Rubellus. Lumbricus Hortensis, Lumbricus Terristris, Esenia Andrei, Perionyx, serta Eudrilus Engeniae.



Pasti ada banyak lagi disamping type diatas. Tetapi dari beragam type itu, yang kerap dipakai untuk jadikan sebagai obat tradisional yaitu type rubellus atau di kenal sebagai cacing Eropa, dan type yang lain yaitu pheretima aspergillum.

Khasiat cacing tanah buat kesehatan


Pengobatan sakit tifus : Tifus di sebabkan dari perkembangan bakteri salmonella dalam organ pencernaan kita. Dengan konsumsi cacing tanah nyatanya dapat untuk menghalangi perkembangan bakteri itu. Langkah mengonsumsinya dapat direbus dulu lantas di buat bubuk cacing tanah yang nanti di minum dengan madu. Langkah penyembuhan tersebut di afirmasi oleh pakar farmakologi.

Obat Diare : Diare yaitu penyakit yang cukup umum dihadapi hampir banyak orang. Cacing tanah sebagai satu diantara obat tradisional dapat mengobati penyakit ini. Karakter cacing tanah jadi antibakteri untuk bakteri E. Coli serta shigella sebagai penyebabnya diare.

Memperlancar aliran darah : Cacing tanah mempunyai enzim yang dapat untuk menghancurkan lemak jahat di sistem aliran darah kita. Hingga sistem peredaran darah kita bakal jadi lebih lancar. Tersebut kenapa cacing tanah juga dipakai untuk menyembuhkan penyakit desakan darah tinggi serta srtoke.

Memperlancar pencernaan : Cacing tanah seperti di ketahui mengandung banyak protein yang menolong sistem biologis badan. Kandungan enzim, seluosa, serta katalisator yang di perlukan badan untuk sistem metabolism terdapat banyak didalam badan cacing tanah. Oleh karenanya otomatis, cacing tanah dapat menolong memperlancar sistem pencernaan.

Antipiretik : Ekstrak cacing tanah mengandung nitrogen dengan karakter basa. Kandungan itu bisa menolong kurangi demam tinggi pada penyakit seperti tifus. Bahkan juga, penelitian IPB tunjukkan kalau dengan memakai cacing tanah lebih efisien untuk kurangi demam dari pada memakai bahan kimia seperti parasetamol yang ada dampaknya.

Baca juga, BAHAYA! jangan pukul kecoa hingga isi perutny keluar

Menentramkan saraf : Pheretima yang ada dalam cacing tanah memengaruhi sistem saraf manusia. Dampaknya, kita bakal terasa tenang, rasa sakit menyusut, serta kejang-kejang dapat dihentikan. Hingga, mengkonsumsi cacing tanah cukup pas waktu dalam keadaan sakit gigi, pusing, atau keadaan rematik yang mana kita terasa sakit mengagumkan dibagian badan spesifik.

Tingkatkan energy : Cacing tanah mengandung taurin yang dapat tingkatkan sistem metabolism lemak yang lalu di ganti jadi ATP atau energy. Dampak itu berlaku untuk siapapun termasuk juga untuk wanita yang tengah melakukan program diet.

Cacing tanah saat ini telah banyak yang memproduksi dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi. Ada banyak berbagai merk yang semuanya bisa Anda peroleh di apotek atau toko obat di dekat rumah Anda sendiri.

Seperti saya, mengingat begitu bermanfaatnya cacing untuk kesehatan, bahkan berkhasiat untuk kecerdasan otak, saat ini saya mulai menyediakan kapsul cacing tanah di rumah. Adapun merknya yaitu vermint, seperti gambar berikut.

4 Responses to "Heboh, 101 Manfaat Cacing Tanah yang Perlu Kamu Ketahui"

  1. sepupuku dulu kena tifus dikasi cacing tp dianya gk tau kalau yg diminum cacing, soalnya kalau tau gk bakalan mau hahaha. akunya yg lihat geli sendiri :D
    btw nice info, ternyata cacing bukan cuma buat ngobatin penyakit tifus

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa sama ya ka. sy dulu juga pernah sakit tipes,lalu dikasih orang tuaku pil cacing yg dibeli diapotek. alhamdulillah, karena allah akhirnya aku sembuh lbh cepat. dan setelah sembuh baru dikasih tahu kalo yang aku minum itu adalah pil yg bahan bakunya cacing. aku sih fine-fine aza krn gak terasa makan cacing.

      bahkan jika baca brosur yg terdaopat dari dalam kemasan vermint (pil cacing) seperti pada gambar tersebut di atas itu, ternyata baru tahu memang nantap dan seabrek ya khasiat pil ini, bahkan ga ada efek samping buruknya walau dikonsumsi oleh org sehat dan jangka panjang pun. bisa buat kecerdasan lagi...

      Hapus